Mau Makan Enak, Kok Malah Jadi Racun? Lihat 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan
Sumber: canva.com

Health / 15 August 2023

Kalangan Sendiri

Mau Makan Enak, Kok Malah Jadi Racun? Lihat 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan

Claudia Jessica Official Writer
2440

7. Lobak

Lobak mengandung senyawa nitrat yang umumnya aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Sama seperti bayam, jika lobak dipanaskan ulang, nitrat dapat berubah menjadi senyawa nitrit yang dapat beracun bagi tubuh.

8. Kentang

Kentang mengandung racun botulinum yang dapat tumbuh saat makanan disimpan dalam suhu yang tidak tepat. Memanaskan kentang yang telah didinginkan dapat mengaktifkan pertumbuhan racun botulinum yang berbahaya.

9. Sayuran Hijau

Kebanyakan sayuran hijau mengandung senyawa nitrat. Ketika dipanaskan ulang, senyawa ini dapat berubah menjadi senyawa nitrit yang berpotensi membentuk senyawa nitrosamin yang berbahaya.

 

BACA JUGA: Yuk Waspada. Jamur Enoki Asal Korea Ini Diduga Mengandung Bakteri Berbahaya Loh!

 

10. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis dan bacon yang dipanaskan ulang pada suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa karsinogenik seperti PAHs (Polycyclic Aromatic Hydrocarbons) yang berhubungan dengan risiko kanker.

Memanaskan makanan adalah hal biasa dilakukan, tetapi beberapa makanan sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena berisiko merusak nutrisi, menghasilkan zat berbahaya, atau memicu pertumbuhan bakteri berbahaya. Jika Anda ingin memanaskan makanan, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan dalam jumlah yang tepat agar tetap menjaga kualitas dan keamanannya.

Selalu perhatikan aturan kebersihan dan keamanan makanan untuk mencegah risiko yang dapat membahayakan kesehatan Anda ya!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami