Lori

Official Writer
8794


Berita internasional mengabarkan bahwa sebanyak empat orang meninggal dan 30 lain dirawat di rumah sakit akibat bakteri listeria, yang diduga berasal dari jamur enoki yang mereka konsumsi.

Sejak kabar ini merebak, pihak perusahaan jamur Sun Hong Foods pun segera menarik peredaran jamur tersebut.

Adapun korban yang keracunan jamur enoki ini berasal dari berbagai wilayah seperti dari California, Hawaii dan New Jersey. Sementara Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan kasus keracunan jamur mencapai 36 kasus dari 17 negara. CDC menyampaikan bahwa enam diantara kasus melibatkan wanita hamil dan dua diantaranya mengalami keguguran.

"Jangan makan, menyajikan, atau menjual jamur enoki yang sudah ditarik dan didistribusikan oleh Sun Hong Foods," tulis CDC di laman websitenya.

Gejala dari infeksi bakteri listeria ini ditunjukkan dengan beberapa kondisi mulai dari demam, nyeri otot, sakit kepala, kehilangan keseimbangan, dan gejala lainnya. Biasanya penderita akan menyadari kondisi ini sekitar 1 sampai 4 minggu setelah mengkonsumsi jamur enoki.

Mereka yang mudah teinfeksi bakteri ini biasanya adalah orangtua karena sistem kekebalan tubuhnya yang sudah lemah dan yang memiliki riwayat penyakit sebelumnya, wanita hamil dan juga bayi.

Wanita hamil yang terserang bakteri listeria biasanya hanya akan mengalami demam, flu, nyeri otot dan kelelahan. Namun risiko bakteri ini bisa menyebabkan keguguran, janin meninggal, kelahiran premature sampai komplikasi penyakit pada janin.

Risiko berbahaya bakteri ini mendorong CDC mengeluarkan himbauan supaya kelompok orang yang rentan mengalami infeksi ini untuk menghindari konsumsi jamur enoki asal Korea tersebut.

Mengenal Bakteri Listeria

Bakteri listeria adalah bakteri yang dihasilkan dari kontaminasi makanan terhadap bakteri listeria monocytogenes yang hidup di air, tanah dan kotoran hewan.

Bakteri ini sendiri bisa menginfeksi manusia melalui beberapa cara:

- Mengkonsumsi sayuran mentah yang berasal dari tanah yang terkontaminasi bakteri

- Mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi atau makanan yang dibuat dari susu segar

- Konsumsi daging mentah yang tidak bersih

- Produk makanan kemasan yang terkontaminasi saat proses produksi

- Ditularkan kepada janin dalam kandungan oleh ibu yang baru mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria

Mereka yang terinfeksi bisa menunjukkan kondisi seperti mual, kejang, leher kaku, sakit kepala dan nyeri otot.

Cara Pencegahan Bakteri Listeria

Adapun beberapa cara untuk mencegah infeksi bakteri ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah yaitu:

- Memastikan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah makan

- Membersihkan peralatan masak dengan air hangat dan sabun

- Mencuci sayur yang dibeli atau dipetik dari tanah dengan air mengalir

- Memastikan makanan yang dimasak dalam keadaan matang

- Memanaskan makanan lebih dulu saat akan disantap

Manfaat Dibalik Jamur Enoki

Jamur berukuran panjang bertudung putih ini merupakan tanaman asli asal China, Jepang dan Korea. Kebanyakan dari jamur ini digunakan sebagai campuran sup, salad dan tumisan bagi negara-negara di Asia. Selain sebagai makanan, jamur enoki juga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan herbal Asia.

Tentunya jamur enoki adalah salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi. Diantaranya kaya akan vitamin B3, B5, B1, B2, fosfor, zat besi, asam amino, tryptophan dan sebagainya.

Beberapa manfaat besarnya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, membantu penyakit hati, menyembuhkan masalah lambung, menurunkan kolesterol tinggi, tekanan darah dan sebagai anti penuaan.

Selain itu, jamur enoki juga dipercaya bisa meningkatkan daya ingat otak karena kandungan asam aminonya yang tinggi, mencegah gangguan pernapasan seperti asma, eksim, ritinitas dan alergi lainnya. Enoki juga ternyata bermanfaat untuk menormalkan gerak usus dan mencegah sembelit.

Bagi kamu yang belum mengenal jamur enoki yang belum pernah mengkonsumsinya, kamu perlu mengenali lebih dulu jenis-jenisnya. Terdapat sdua jenis jamur enoki yang paling familiar yaitu enoki luar yang tumbuh di pohon Hackberry. Warna jamur ini keemasan dan coklat tua dan memiliki batang yang lebih tebal. Jamur ini disebut juga dengan Velvet Food karena bagian bawah batang memiliki tekstur seperti beludru tebal.

Yang kedua adalah enoki yang dibudidayakan. Jenis inilah yang banyak diproduksi dan dijual secara besar-besaran. Enoki jenis ini biasanya berwarna putih susu, bertudung kecil dan berbentuk ramping panjang. Varietas jamur ini dikenal dengan Puff Salju dan Jarum Emas karena warna dan bentuknya.

Gak ada yang berbeda dari manfaat kedua jamur ini. Karena itu tidak masalah mau mengkonsumsi jenis yang mana.

Namun setelah kasus keracunan bakteri listeria akibat jamur enoki yang baru-baru ini muncul, tentu sangat disarankan untuk memastikan jamur yang dibeli masih dalam keadaan segar dan tidak terkontaminasi bakteri. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2