Tips Atasi Batuk Pilek Berkepanjangan Saat Kualitas Udara di Indonesia Semakin Memburuk
Sumber: solopos.com

Health / 14 August 2023

Kalangan Sendiri

Tips Atasi Batuk Pilek Berkepanjangan Saat Kualitas Udara di Indonesia Semakin Memburuk

Bella Tiurma Official Writer
1157

Pada sepekan terakhir ini, kualitas udara di Indonesia khususnya Jabodetabek semakin memburuk. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan salah satu penyebab memburuknya kualitas udara adalah datangnya musim kemarau. 

Ia juga menyatakan bahwa terjadinya kemarau panjang selama tiga bulan terakhir akan memberikan dampak adanya peningkatan konsentrasi polutan yang tinggi. Selain itu, seiring dengan meningkatnya kadar polusi saat ini, keluhan yang diterima oleh tim kesehatan terkait batuk dan pilek yang berkepanjangan semakin bertambah. 

Jika berbicara mengenai kualitas udara yang buruk dan polusi udara, tidak akan pernah lepas dari masalah kesehatan khususnya pernapasan. Hal ini dikarenakan, setiap orang akan menghirup udara yang buruk secara terus menerus akan menyebabkan sesak nafas dan iritasi.

 

Baca Juga : Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?

 

Namun, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa kualitas udara yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab munculnya gejala batuk, pilek, dan demam. Meskipun meningkatnya batuk pilek berkepanjangan saat ini bukan hanya karena kualitas udara di Indonesia saja, tetapi adanya fenomena cuaca yang tengak memasuki El Nino dan panas yang berkepanjangan. 

Oleh karena itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi batuk pilek berkepanjangan disaat kualitas udara yang buruk. 

1. Banyak Minum dan Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi tak hanya minum air putih saja, tetapi kita dapat dengan mengkonsumsi jus, makan sayuran hijau dengan olahan bening, hingga minum perasan lemon hangat dengan tambahan madu yang cocok dikonsumsi saat flu menyerang. 

Beberapa minuman tersebut akan memberikan efek melonggarkan tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Tetapi kita perlu mengurangi atau bahkan menghindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol, kopi, dan soda yang akan meningkatkan rasa dehidrasi tubuh. 

 

Baca Juga : Aktivitas Terganggu Karena Batuk? Simak 14 Obat Herbal Alami yang Mampu Mengatasi Batuk

 

2. Perbanyak Istirahat 

Disaat tubuh dalam kondisi yang kurang baik, salah satu cara untuk membantu penyembuhannya adalah dengan memperbanyak istirahat. Dimana seseorang tidak begadang, tetapi bisa memanfaatkan waktu kosong atau mengambil waktu istirahat dengan tidur minimal 15 hingga 20 menit. 

Dengan menggunakan waktu kosong untuk beristirahat akan membuat organ tubuh tidak bekerja dengan keras. Sehingga tubuh akan menghasilkan imunitas menjadi kembali normal. 

3. Rutin Mengkonsumsi Madu 

Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyembuhkan batuk pada orang dewasa maupun anak-anak adalah dengan mengkonsumsi madu secara rutin. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian, anak-anak usia 1 sampai 5 tahun dengan gejala infeksi saluran pernapasan dan diberikan madu sebanyak 2 sendok the (sdt) sebelum tidur, mampu mengurangi penyakit yang dideritanya. 

 

Baca Juga : Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia, Lihat 10 Kota Lain yang ga Kalah Mengkhawatirkan

 

4. Menggunakan Alat Pelembab Udara (Air Humidifier atau Air Purifier) 

Dalam kondisi kualitas udara yang semakin memburuk, penggunaan alat pelembab udara akan membantu menjaga dan menambah kelembapan udara di dalam rumah. Sehingga membantu mengatasi hidung tersumbat. 

Namun, hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan air humidifier atau pun air purifier adalah dengan mengganti air setiap harinya dan membersihkan alatnya. 

5. Sesekali Melakukan Mandi Uap 

Dengan melakukan mandi uap dapat membantu kita menjaga kelembapan, khususnya saluran udara bagian atas. Langkah ini turut memberikan efek bagi seseorang yang sedang pilek atau flu dengan membantu memecah lendir di dada. 

Oleh karena itu, kita dapat mandi uap secara rutin dan disesuaikan dengan kbutuhan selama lima menit.

Sumber : cnnindonesia.com | kompas.com |
Halaman :
1

Ikuti Kami