Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia, Lihat 10 Kota Lain yang ga Kalah Mengkhawatirkan
Sumber: canva.com

News / 14 August 2023

Kalangan Sendiri

Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia, Lihat 10 Kota Lain yang ga Kalah Mengkhawatirkan

Claudia Jessica Official Writer
3258

Dalam beberapa waktu terakhir, kualitas udara di Jakarta menjadi perhatian utama. Penyebabnya adalah dalam beberapa bulan terakhir, tingkat polusi udara di Ibu Kota tercatat berada pada tingkat yang tidak sehat menurut indeks kualitas udara IQAir.

Bahkan berdasarkan data IQAir.com pada tanggal 14 Agustus pukul 14.00, Indonesia menempati peringkat ke-2 dunia sebagai negara paling tercemar atau polusi udara.

Saking mengkhawatirkannya keadaan ini, berita ini bahkan dimuat di reuters.com dengan tajuk Jakarta sebagai kota paling tercemar di dunia.

Masyarakat di Jakarta sudah sejak lama mengungkapkan keluhan tentang udara yang tercemar akibat masalah lalu lintas yang kronis, polusi dari industri, dan pembangkit listrik batu bara.

Beberapa di antaranya bahkan berhasil mengajukan tuntutan hukum pada tahun 2021 untuk mendorong pemerintah agar mengambil langkah-langkah untuk mengatasi polusi udara.

 

BACA JUGA: Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?

 

Presiden Joko Widodo sendiri mengakui bahwa polusi udara Jakarta sudah terjadi sejak bertahun-tahun lalu.

Namun, akhir-akhir ini polusi udara semakin parah dan semakin tidak terkendali, bahkan menyebabkan berbagai penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma, radang paru, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya yang diderita oleh masyarakat dari berbagai golongan usia.

Tapi tahukah Anda, selain Jakarta ada 10 kota ini juga dinilai sebagai kota paling berpolusi di Indonesia. Apa saja ya?

Berikut ini adalah 10 Kota Paling Berpolusi di Indonesia, berdasarkan data IQAir.com pada tanggal 14 Agustus pukul 14.00:

1. Tangerang Selatan, Provinsi Banten (164 AQI AS)

2. Kota Pontianak, Kaliamantan Barat (162 AQI AS)

3. Jakarta, Jakarta (156 AQI AS)

4. Kabupaten Serang, Provinsi Banten (156 AQI AS)

5. Kota Tangerang, Provinsi Banten (154 AQI AS)

6. Terentang, Kalimantan Barat (144 AQI AS)

7. Mempawah, Kalimantan Barat (136 AQI AS)

8. Kabupaten Malang, Jawa Timur (128 AQI AS)

9. Kota Semarang, Jawa Tengah (113 AQI AS)

10. Palembang, Sumatera Selatan (96 AQI US)

 

BACA JUGA: Waspada! Ketahui 13 Akibat Berbahaya Terpapar Polusi Udara

 

Apa itu AQI AS?

Indeks Kualitas Udara (AQI) adalah cara untuk mengukur seberapa banyak polutan udara ada dalam lingkungan dan dampak kesehatan yang terkait dengannya. Ada enam jenis polutan udara yang dihitung dalam perhitungan indeks ini, yaitu: partikel PM2.5, partikel PM10, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

Skor Indeks Kualitas Udara (AQI) dihitung berdasarkan polutan udara, dengan nilai tertinggi AQI pada saat pengukuran kualitas udara dilakukan.

Terdapat berbagai sistem yang diterapkan di berbagai belahan dunia untuk mengukur kualitas udara. Sistem AQI yang digunakan di Amerika Serikat dan China merupakan contoh yang paling umum, keduanya mengevaluasi jenis polutan udara yang sama. Meskipun demikian, sistem AQI AS dianggap sebagai patokan yang lebih ketat dan menjadi standar global.

 

Perhitungan AQI US

Bagan indeks kualitas udara dengan PM2,5 μg/m3 yang sesuai

Jadi kita bisa melihat betapa buruknya udara tercemar yang kita hirup setiap hari saat ini. Untuk itu, demi mengurangi paparan polusi udara, kita perlu memperlengkapi diri kita dengan menggunakan masker wajah dan pemurni udara, bahkan jika perlu lakukan pemantauan kualitas udara.

 

BACA JUGA: Tips Atasi Batuk Pilek Berkepanjangan Saat Kualitas Udara di Indonesia Semakin Memburuk

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Bagikan artikel ini kepada orang lain agar semakin banyak orang yang mengetahui informasi ini.

Sumber : iqair.com
Halaman :
1

Ikuti Kami