Aktivitas Terganggu Karena Batuk? Simak 14 Obat Herbal Alami yang Mampu Mengatasi Batuk
Sumber: generasimaju.co.id

Health / 28 May 2023

Kalangan Sendiri

Aktivitas Terganggu Karena Batuk? Simak 14 Obat Herbal Alami yang Mampu Mengatasi Batuk

Bella Tiurma Official Writer
1478

Disaat seseorang abtuk merupakan sebuah kondisi alami tubuh sebagai respon membersihkan tenggorokan dari dahak, debu atau iritasi lainnya. Gejala yang dialami seseorang dapat berupa batuk tidak berdahak atau batuk kering dan batuk berdahak atau batuk basah. 

Ketika seseorang terkena batuk, maka jangan langsung mengkonsumsi obat bebas. Karena ada cara alternatif lainnya dengan dengan pemberian obat herbal dan alami yang ada di rumah. Namun, harus tetap diingat, meskipun obat herbal dan alami dapat disediakan sendiri di rumah. Tetapi harus dikonsumsi sesuai resep dan telah melakukan konsultasi ke dokter. 

Yuk simak 17 obat herbal dan alami yang mampu mengatasi batuk, 

1. Madu 

Kebanyakan orang percaya bahwa madu dapat meredakan sakit tenggorokan hingga batuk. Karena madu adalah salah satu obat tradisional yang telah dimanfaatkan oleh beberapa ahli untuk diolah menjadi varian obat. 

Dalam mengatasi batuk dengan batuk, dapat mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat atau dicampurkan dengan teh herbal yang ditambahkan dengan perasan lemon. 

Baca Juga : Sebut Coklat Ampuh Sembuhkan Batuk, Peneliti Ini Ungkap Faktanya…

2. Ramuan Kunyit 

Obat herbal lainnya ada ramuan kunyit yang mampu meredakan batuk. Hal ini disebabkan karena dalam kandungan kunyit terdapat senyawa aktif, seperti kurkumin. Dimana senyawa aktif ini memiliki kegunaan dan sifat sebagai anti inflamasi dan bakteri. 

Cara meraciknya sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk dengan meminum olahan atau ramuan kunyit yang telah dicampurkan dengan lada hitam yang bisa meningkatkan ketersediaan hayati pada kunyit dan membuat kinerja kunyit dalam tubuh lebih efektif. 

3. Ramuan Akar Tanaman Marshmallow 

Hal lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah mengatasi batuk dengan akar tanaman marshmallow. Karena dalam akar tanaman marshmallow memiliki kandungan lendir yang dapat melapisi dan meredakan iritasi pada tenggorokan. 

Namun, seseorang dapat menemui racukan atau ramuan akar tanaman marshmallow dalam bentuk teh atau sudah diolah ke dalam bentuk kapsul. 

4. Memakan Buah Nanas 

Kandungan enzim bromelain yang dimiliki buah nanas dapat dipercaya mampu meredakan bahkan menghilangkan batuk. Namun, perlu diingat bahwa tidak disarankan bagi setiap orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik.

Baca Juga : Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Usir Hidung Meler dan Batuk Kamu

Dengan memakan sepotong buah nanas atau meminum sebanyak 3,5 ons jus nanas segar, mampu membantu menghilangkan batuk. Hal ini dapat dilakukan secara rutin sebanyak tiga kali sehari, dan terkhusus seseorang yang ingin mengkonsumsi jus nanas tetapi masih dalam tahap konsumsi obat pengencer darah dan antibiotik lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter. 

5. Berkumur Air Garam 

Cara lainnya untuk meredakan dan mengatasi batuk adalah dengan berkumur air garam, karena air garam mampu membantu melegakan tenggorokan yang gatal dan membantuk mengencerkan dahak. 

Cara berkumur dengan air garam dengan mencapurkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam pada air hangat, campur hingga larut dan berkumur. Namun, cara ini dapat dilakukan terkhusus untuk anak-anak berumur dibawah 6 tahun. 

6. Jahe 

Beberapa orang percaya bahwa dengan mengkonsumsi jahe dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan menghilangkan batuk. Bahkan jahe menjadi salah satu obat tradisional yang sangat terkenal sejak dulu yang memiliki banyak manfaat. 

Untuk meredakan batuk, dapat memotong akar jahe segar dengan ukuran 3cm, lalu cuci bersih dan rebus selama 10 sampai 15 menit. Ketika air sudah mendidih dapat dituangkan ke dalam cangkir dan meminumnya. 

Ketika mengkonsumsi olahan jahe, janganlah mengkonsumsinya terlalu banyak. Karena terlalu banyak jahe dapat mengakibatkan efek samping, seperti iritasi tenggorokan, perut yang menjadi tidak nyaman, atau mulas. 

7. Teh Daun Thyme

Baca Juga : Batuk Disertai Sesak Napas, Mungkin Kamu Alami Gejala Batuk Popcorn

Kandungan senyawa flavonoid yang ada di dalam daun thyme mampu memberikan kelegaan pada tenggorokan dan mengurangi peradangan. Penggunaan daun thyme sebagai obat herbal dengan mengambil ekstraknya dengan cara merebusnya. 

Sehingga setiap orang dapat mengkonsumsi 2 sendok teh ekstrak daun thyme ke dalam gelas yang sudah berisi air mendidih. Lalu tunggu selama 10 menit dan disaring untuk dikonsumsi. 

8. Asam Jawa dan Gula Merah 

Cara meredakan batuk dengan asam jawa dan gula merah dapat dilakukan dengan bahan-bahan 10 gram asam jawa, secukupnya gula merah, dan segelas air hangat. Setiap orang dapat menyeduh dengan air panas dan menambahkan gula merah secukupnya. Lalu diaduk agar mencapur hingga merata dan ramuan pun dapat diminum. 

9. Memakan Buah Kapulaga 

Kebanyakan orang mempercayai bahwa dengan memakan buah kapulaga dapat memberikan efek menenangkan dan mencairkan dahak. Sehingga tak jarang seseorang menggunakan kapulaga sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk. 

Penggunaan kapulaga sebagai obat herbal batuk adalah dengan menyiapkan 5 buah kaulaga yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih dan hasil rebusannya siap untuk diminum. 

10. Jeruk Nipis 

Jeruk nipis kerap kali menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi batuk kering atau batuk tidak berdahak, karena kandungan zat anti mikroba yang terkandung mampu membantu menyembuhkan tenggorokan akibat infeksi. 

Hanya dengan jeruk nipis, kapur sirih, dan gula batu dapat membuat obat batuk sederhana dengan cara jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua dilumuri dengan kapur sirih dan didiamkan beberapa saat. Lalu jeruk nipis yang telah dilumuri dibakar pada bagian permukaan kulit hingga mengeluarkan buih dan peras. Hasil perasaan itu dapat dicampurkan dengan gula batu, diaduk dan siap untuk diminum. 

Baca Juga : Yuk Cek Apakah Jenis Batukmu Pertanda Alami 4 Penyakit Ini…

11. Air Hangat atau Air Panas 

Cara paling sederhana dan sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan mengkonsumsi rutin air hangat atau air panas. Karena air hangat mampu membantu mengencerkan dahak dan mempermudah keluarnya dahak tersebut hingga batuk mereda. 

12. Daun Kemangi 

Sifat anti bakteri yang terkandung pada daun kemangi mampu menghentikan batuk berat dengan cara mengkonsumsi atau memakan beberapa daun kemangi, sehingga dapat merasakan dampaknya adalah teratasinya batuk. 

13. Menghirup Uap 

Cara paling sederhana lainnya adalah dengan menghirup uap untuk meredakan batuk. Cara ini dapat digunakan dengan merebus air hingga mendidih dan pindahkan pada wadah baskom atau membeli alat pelembap udara (humidifier). Untuk menghasilkan tingkat kelembapan terbaik dalam ruangan sebesar 40 sampai 50 persen. 

14. Bawang Putih 

Beberapa orang percaya bahwa kandungan sifat anti virus, anti baakteri, dan anti inflamasi pada bawang putih dapat dijadikan obat herbal yang efektif untuk meredakan batuk. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat pasta yang dicampurkan dengan madu untuk mengatasi batuk kering.

Sumber : detikhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami