Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?
Sumber: twitter.com/AnggaPutraF

Health / 10 August 2023

Kalangan Sendiri

Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?

Claudia Jessica Official Writer
2315

Semakin hari, kualitas udara semakin buruk. Bahkan menurut data dari iqair.com, Indonesia menduduki peringkat 26 dari 131 sebagai negara yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia pada tahun 2022. Sementara data dari nafas.co.id menunjukkan kondisi udara hampir seluruh wilayah Indonesia tidak layak untuk dihirup.

Pencemaran udara yang terjadi begitu tinggi saat ini tidak lain disebabkan oleh aktivitas manusia seperti membakar sampah, asap kendaraan, asap pabrik, serta keadaan atmosfer.

Saking buruknya pencemaran udara yang terjadi saat ini, kita bisa melihat langit-langit yang nampak berkabut akibat asap. Kondisi ini perlu kita waspadai karena dapat mengganggu kesehatan kita, terutama pada kesehatan anak-anak.

Melansir dari CNCB Indonesia, seorang dokter spesialis anak, Sheila Putri Sundawa mengungkap bahwa ada banyak anak-anak yang datang dengan keluhan batuk pilek yang salah satu faktornya dipicu oleh buruknya kualitas udara.

 

BACA JUGA: 7 Penyakit Serius yang Disebabkan Oleh Polusi Udara

 

Selain itu, ada berbagai penyakit lain yang mengintai kita seperti:

1. Infeksi saluran pernapasan (ISPA)

2. Asma

2. Bronkitis

4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

5. Kanker paru

6. Penyakit jantung dan struk

7. Meningkatkan resiko kemandulan pada wanita dan kelahiran prematur

Kecemasan akibat polusi udara pun telah disampaikan oleh sederet publik figur tanah air. Mereka adalah Renatta Moeloek, Addie MS, dan Raisa. Hal ini mereka sampaikan melalui akun media sosialnya masing-masing.

“Pak @jokowi Tolong, Pak.. Polusi udara Jakarta parah sekali. Sudah bertahun2 seperti ini. Bahaya sekali. Ini kondisi pk 3.30 pagi tadi yg terlihat di apps AirVisual & Nafas,” tulis Addie MS di akun Twitter-nya pada Rabu, Agustus 2023.

 

BACA JUGA: Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia, Lihat 10 Kota Lain yang ga Kalah Mengkhawatirkan

 

“Another day being DENIED basic human need; clean air. Mon Pas covid heboh bgt skrg penanganannya skrg apaa diem aja pura2 gak tau, denial, gak ada solusi…. Kasitau dong langkahnya apaaa apa emg 3 niatnya buat bunuh kita & anak2 kita pelan2 gini?” tulis Raisa dalam akun Instagramnya @raisa6690.

“Polusi jakarta yg bertahun2 punya AQI rata2 diatas 170 dan berstatus ‘berbahaya utk kesehatan’ tapi tetap tidak ada yg bahas/ gerak. di bbrp negara, capai AQI 150 itu sudah jadi headline berita dg warning heboh jgn keluar rumah, tutup jendela, pakai masker & pasang purifier,” tulis Chef Renatta di akunnya @MoeloekRenatta.

Apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi dari polusi udara?

Sebagai masyarakat, ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah polusi udara dan mencegah penyakit yang mengintai, misalnya dengan:

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami