Semangat Kemerdekaan: Logo dan Tema HUT RI ke-78 Menggambarkan Kemajuan dan Gotong Royong
Sumber: setkab.go.id

News / 8 August 2023

Kalangan Sendiri

Semangat Kemerdekaan: Logo dan Tema HUT RI ke-78 Menggambarkan Kemajuan dan Gotong Royong

Bella Tiurma Official Writer
1449

Dengan semangat menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang semakin dekat, pemerintah secara resmi telah meluncurkan tema dan logo yang akan memimpin setiap rangkaian acara Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2023. 

Akan ada banyak rangkaian acara untuk merayakan Hari Kemerdekaan ini, baik di dalam lingkungan Istana Negara ataupun di luar istana. Namun, yang tak ketinggalan akan ada upacara peringatan detik-detik proklamasi dan penurunan bendera yang didahului kirab atau pawai dan pentas seni. 

Pada upacara peringatan HUT RI ke-78 ini, akan diadakan secara terbuka bagi masyarakat umum dengan undangan terbatas berjumlah 8000 orang, baik pada upacara pagi maupun upacara sore. 

Logo dan Tema HUT RI ke-78 

Melalui laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pemerintah telah melakukan sosialisasi mengenai tema dan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 yang dilakukan secara daring. 

Dalam sosialisasi tersebut, logo HUT ke=78 Kemerdekaan RI yang terbentuk dari perpaduan angka tujuh yang diberi warna merah yang kuat dengan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah, disertai dengan tema“Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. 

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa logo ini adalah pilihan dari Presiden RI yang memiliki makna kuat di dalamnya. Dimana melalui logo tersebut tergambarkan kesatuan, stabilitas, dan kesatuan yang mencerminkan semangat untuk terus maju secara bersama, mengajak seluruh bangsa untuk bertanggung jawab bersama dan bergerak harmonis menuju Indonesia maju. 

Di sisi lain, menurut Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel, menjelaskan bahwa konsep visual logo tersebut sesuai dengan tema. Dimana logo tersebut menggambarkan konsep keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, gotong royong, dan semangat maju. Serta menunjukkan arah Indonesia yang lebih baik di masa depan. 

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini merupakan hasil dari kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan ADGI.

Sumber : setkab.go.id | pedoman peringatan HUT RI
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami