Semangat Kemerdekaan: Logo dan Tema HUT RI ke-78 Menggambarkan Kemajuan dan Gotong Royong
Sumber: setkab.go.id

News / 8 August 2023

Kalangan Sendiri

Semangat Kemerdekaan: Logo dan Tema HUT RI ke-78 Menggambarkan Kemajuan dan Gotong Royong

Bella Tiurma Official Writer
1484

Filosofi Logo HUT RI ke-78 

Logo yang merepresentasikan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan. turut melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi untuk memajukan kesejahteraan rakyat dan menghasilkan sumber daya manusia unggul untuk menghadapi persaingan global. 

1. Estafet 

Menggambarkan garis padat horizontal seperti tongkat estafet pada angka 7 yang menggambarkan selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju, Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa. 

2. Terus Melaju 

Penggambaran angka 7 yang berbentuk seperti arah panah ke atas, yang memiliki makna bergerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia maju. 

3. Pancasila 

Angka 8 yang terbentuk dari 5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju. 

4. Tanggung Jawab Bersama 

Perpaduan antara angka 7 dan 8 dengan elemen garis padan dan garis-garis sebagai bentuk solid yang melambangkan tujuan yang sama dan garis-garis bermakna sebagai latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. 

Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhinneka Tunggal Ika). 

5. Keberlanjutan 

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus pada angka 8 memiliki arti adanya keberlanjutan progres pembangunan yang terus berjalan dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil, makmur, sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju. 

6. Globalisasi 

Bentuk bulat pada angka 8 menggambarkan pola pikir global untuk pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Sumber : setkab.go.id | pedoman peringatan HUT RI
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami