Ingin Investasi Anti Rugi? Jangan Lakukan 7 Hal ini?!
Sumber: canva.com

Finance / 8 August 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Investasi Anti Rugi? Jangan Lakukan 7 Hal ini?!

Bella Tiurma Official Writer
1522

Selain itu, sangat penting bagi kita yang ingin berinvestasi untuk melakukan analisis secara jelas dan menyeluruh terhadap potensi keuntungan yang dapat diperoleh dalam jangka waktu tertentu serta risiko yang mungkin bisa saja terjadi. 

4. Hanya Berfokus pada Jangka Pendek 

Bagi beberapa orang ingin berinvestasi dalam jangka pendek dengan hasil yang besar. Tetapi faktanya investasi dalam jangka panjang akan lebih menguntungkan, meskipun memerlukan tingkat kesabaran yang lebih tinggi karena waktu yang diperlukan cenderung lebih lama. 

Hal ini sering terjadi kepada banyak investor awal seringkali hanya fokus pada pencapaian keuntungan dalam jangka pendek saja. Tapi sangat penting untuk diingat bahwa periode waktu yang diberikan secara optimal untuk suatu instrumen investasi bervariasi, tergantung pada jenis dan durasi investasi. 

5. Jangan Lakukan Diversifikasi Investasi 

Salah satu hal yang jangan sampai dilakukan bagi para investor adalah dengan menghindari untuk mengalokasikan seluruh dana yang kita miliki ke dalam satu jenis instrumen investasi saja. Hal ini dikarenakan, jika kita kehilangan investasi tunggal dapat mengakibatkan risiko yang lebih besar saat instrumen tersebut mengalami kerugian atau kegagalan. 

Menjadi seorang investor tentu sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi dengan mengalokasikan aset Anda ke berbagai instrumen investasi yang berbeda. Sehingga kita bisa memiliki risiko untuk tersebar dan mengelola dengan lebih baik. 

 

Baca Juga : Ikut Arisan Karena Sama Seperti Investasi? Yakin Arisan itu Investasi?Simak Penjelasannya

 

6. Tidak Fokus pada Rencana 

Kegagalan dalam berinvestasi tentu bisa terjadi karena tidak adanya fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga untuk menjadi seorang investor, perlu memiliki kefokusan dan menjaga kedisiplinan dalam menghindari gangguan yang dapat mengecohkan tujuan investasi kita. Karena tantangan terbesar dan lebih menantang bagi setiap orang adalah mempertahankan fokus. 

7. Terlalu Cepat Mengambil Keputusan 

Sebuah kesalah umum yang sangat sering terjadi di kalangan investor pemula adalah terlalu cepatnya mengambil keputusan. Antusiasme yang berlebihan tanpa melakukan analisis yang tepat dapat menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Sehingga pada akhirnya kita bisa menghambat peluang untuk meraih hasil investasi yang optimal.

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

Sumber : sikapiuangmu.ojk.go.id
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami