10 Tips Mengatur Keuangan Buat Anda yang Memiliki Gaji yang Pas-pasan
Sumber: bisnismuda.id

Finance / 21 July 2023

Kalangan Sendiri

10 Tips Mengatur Keuangan Buat Anda yang Memiliki Gaji yang Pas-pasan

Bella Tiurma Official Writer
2414

Waktu gajian adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi setiap pekerja. Dengan perencanaan yang berbeda-beda, tak jarang pekerja merasakan bahwa gaji yang di dapat hanya sebentar lewat saja. Hal ini dapat terjadi karena beberapa diantara mereka akan langsung melakukan pembelanjaan barang-barang incaran. 

Jika kita selalu berputar hanya membelanjakan keinginan kita saja dan kebutuhan dari gaji ke gaji setiap bulannya, maka kita akan sulit menyisihkan untuk tabungan hingga investasi jangka panjang.  

Oleh karena itu, mengatur keuangan dengan bijak menjadi hal penting bagi semua orang, terutama bagi kita yang memiliki gaji yang pas-pasan. Sehingga dengan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik akan membantu kita terhindar dari masalah keuangan dan menciptakan stabilitas finansial. 

Tak peduli seberapa besar atau kecil penghasilan kita, langkah bijaksana dalam pengelolaan keuangan ini dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mencapai tujuan keuangan dalam jangka pendek maupun panjang. Berikut ini 10 tips untuk Anda yang mau mengatur gaji agar tercukupi setiap kebutuhan dan keperluan setiap bulannya. 

1. Membuat Rencana Anggaran dengan Budgeting 

Langkah sederhana untuk mengelola keuangan adalah membuat perencanaan anggaran setiap kategori pengeluaran. Mungkin hal ini akan terasa sulit dan merepotkan, tetapi dengan melakukan secara rutin akan memberikan banyak keuntungan dalam mengelola keuangan setiap bulannya. 

Dengan membuat perencanaan anggaran, kita dapat melihat secara transparan setiap situasi keuangan bulanan kita. Sehingga kita dapat melakukan pertimbangan-pertimbangan untuk mengelola dengan tepat dan memprioritaskan penggunaan uang tersebut.

 

Baca Juga : Sadar Gak Sih, 4 Kebiasaan Ini yang Bikin Kamu 'Bokek' Padahal Baru Gajian Seminggu

 

Membuat perencanaan anggaran dapat dilakukan dengan metode budgeting yang minimalis. Seperti metode 50/30/20 (50% kebutuhan sehari-hari, 30% hiburan, dan 20% tabungan serta investasi) dan 80/20 (80% biaya hidup dan 20% tabungan masa depan). Atau Anda bisa mencoba berbagai metode yang lebih pas untuk digunakan dan membantu melakukan perencanaan anggaran. 

2. Melakukan Pencatatan Pemasukan dan Pengeluaran 

Melakukan pencatatan setiap uang yang masuk dan keluar setiap bulannya, maka akan membantu kita untuk mengontrol keuangan kita. Beberapa orang mungkin akan malas untuk melakukan pencatatan  secara detail yang dibutuhkan agar tidak ada pemasukan ataupun pengeluaran yang terlewat. 

Hal ini menjadi penting karena kita dapat mengetahui kategori pengeluaran apa yang menjadi pengeluaran terbesar kita. Sehingga kita dapat mengatur pengeluaran yang lainnya supaya bisa melakukan penyisihan uang untuk tabungan ataupun investasi jangka panjang. 

Pencatatan ini dapat dilakukan secara manual menggunakan Ms. Excel, aplikasi, ataupun fitur-fitur yang akan secara otomatis mencatat setiap pemasukan yang diterima dan pengeluaran yang dilakukan secara rinci.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami