Desainer Meninggal Diduga Sering Begadang dan Ngopi, Simak Bahayanya
Sumber: canva.com

Health / 21 July 2023

Kalangan Sendiri

Desainer Meninggal Diduga Sering Begadang dan Ngopi, Simak Bahayanya

Claudia Jessica Official Writer
1775

Di era modern yang penuh tekanan dan tuntutan pekerjaan, banyak orang merasa terpaksa untuk begadang demi menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk. Tak jarang mereka juga mengkonsumsi kopi sebagai “sumber kekuatan” agar tidak mengantuk. Termasuk yang dialami oleh seorang desainer asal Bantul yang ditemukan meninggal di kos-kosannya. Ia diduga meninggal karena sering begadang dan minum kopi.

Kebiasaan ini tampaknya menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi beberapa orang. Namun, sedikit yang menyadari bahaya serius yang mengintai di balik kebiasaan begadang dan minum kopi ini.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas dampak bahaya begadang dan konsumsi kopi yang berlebihan serta bagaimana kebiasaan ini dapat mengancam kesehatan dan bahkan nyawa.

 

BACA JUGA: Kopi Susu Bisa Bikin Obesitas, Menkes Terawan Anjurkan Millenial Konsumsi Kopi Ini...

 

1. Risiko Kardiovaskular

Pola hidup yang sering begadang dan minum kopi berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular. Kafein dalam kopi meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko serangan jantung, gangguan irama jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Gangguan Pola Tidur dan Kualitas Tidur

Begadang secara teratur mengganggu pola tidur alami tubuh dan dapat menyebabkan gangguan tidur. Kurang tidur berdampak negatif pada kualitas tidur, mengurangi kemampuan tubuh untuk pulih secara optimal. Gangguan tidur berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti kelelahan kronis, lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan masalah kognitif.

3. Menurunnya Kinerja Kognitif

Kurang tidur dan kelelahan akibat begadang menyebabkan penurunan kinerja kognitif. Daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan pengambilan keputusan dapat menurun, yang berdampak pada produktivitas dan keselamatan baik di tempat kerja maupun dalam aktivitas sehari-hari.

 

BACA JUGA: Buat Cewek Yang Suka Ngopi, Kamu Harus Tahu Nih Dampak Kafein Bagi Kesehatanmu

 

4. Risiko Kecelakaan dan Keselamatan

Kelelahan akibat kurang tidur dan begadang meningkatkan risiko kecelakaan. Ketidakseimbangan fisik dan mental yang dipengaruhi oleh kelelahan dapat menghambat respons dan ketelitian seseorang. Risiko kecelakaan saat mengemudi, bekerja dengan mesin berat, atau bahkan dalam kegiatan sehari-hari menjadi sangat tinggi.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami