Bagaimanakah Cara Orang Kristen Memberi pada Pengemis?
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 15 July 2023

Kalangan Sendiri

Bagaimanakah Cara Orang Kristen Memberi pada Pengemis?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1798

Hal tersebut juga dialami dalam hidup Tabita (atau Dorkas). Ia adalah seorang perempuan yang hidup pada zaman awal gereja Kristen. Menariknya, dalam kisah Tabita yang terdapat dalam Kisah Para Rasul 9 ayat 36: pertama, Tabita adalah seorang murid; kedua, ia banyak melakukan perbuatan baik dan memberikan sedekah. Meskipun tidak dimaksudkan sebagai teks dogmatis, kisah ini memberikan contoh kepada kita bahwa perbuatan baik dan sedekah harus dimulai dari hati sebagai murid Kristus. Sebaliknya, seorang murid Kristus yang sejati akan terlihat dari perbuatan baik dan kasihnya kepada sesama. Menjadi murid adalah status, tetapi perbuatan baik dan sedekah adalah bukti dari status tersebut. Menjadi murid mengacu pada iman kepada Kristus, sedangkan perbuatan baik dan kasih kepada sesama adalah hasil yang indah dari iman yang sejati. Oleh karena itu, apa yang dikatakan Yakobus adalah benar: "Iman tanpa perbuatan adalah mati." (Yakobus 2:17)

Dan iman yang disertai dengan perbuatan baik itu memberi bekas yang mendalam dan berdampak sangat luas. Tidak mengherankan bahwa ketika Tabita meninggal dunia, para janda di Yope yang merasakan kebaikannya “datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup” (Kisah Para Rasul 9:39).

Selama hidupnya, Tabita sering membuat pakaian untuk para janda di Yope yang hidup dalam kesederhanaan. Tabita melaksanakan pelayanan ini dengan tekun sampai akhir hidupnya. Karena itu, banyak lembaga yang mengambil nama "Dorkas" atau "Tabita" untuk merujuk pada kegiatan mereka yang meringankan beban sesama.

Pada akhir kisah ini, melalui rahmat dan kuasa Tuhan, Petrus membangkitkan Tabita. Tabita dalam kisah ini telah bangkit dan hidup kembali bersama para janda di Yope. Namun, bagaimana dengan "Tabita" yang ada dalam hati kita? Apakah kita juga bangkit bersama Tabita dalam karya kasih dan sedekah kepada sesama? Siapa yang ingin Anda bantu hari ini?

 

BACA JUGA:

Berdonasi Untuk Bantu Orang Lain, Apa Sih Yang Alkitab Sampaikan Soal Tindakan Ini?

The Art of Giving, The Art of Happiness

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami