3 Hal Penting yang Bisa Anda Temukan di Mazmur untuk Menjalani Kehidupan dengan Tenang
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 13 July 2023

Kalangan Sendiri

3 Hal Penting yang Bisa Anda Temukan di Mazmur untuk Menjalani Kehidupan dengan Tenang

Bella Tiurma Official Writer
2368

Kitab Mazmur adalah sebuah bagian dalam Alkitab yang penuh dengan kata-kata inspirasi dan lekat dengan emosi pribadi, kehidupan, hingga pemikiran teologis yang mendalam. Meskipun kitab ini ditulis pada masa lampau, tetapi pesan-pesan yang terkandung di dalamnya masih relevan hingga saat ini. 

Setiap bab yang ada di Mazmur memiliki ceritanya tersendiri, tapi pada akhirnya semuanya akan saling terhubung. Dalam membaca setiap bab yang ada kita dapat melihat tiga hal penting yang paling utama dari karakter Allah yang menonjol, yaitu hal-hal yang mengingatkan kita akan mengenai kehadiran Tuhan, menyadiakan setiap kebutuhan kita, hingga setia pada janjiNya. Berikut ini 3 hal penting yang bisa Anda lakukan dan menjadi pegangan untuk menjalani kehidupan dengan tenang. 

Kehadiran Tuhan 

Setiap yang tertulis di dalam kitab Mazmur adalah sebuah doa, seruan kita kepada Tuhan, pujian, hingga pesan tentang pekerjaan Tuhan. Sehingga ketika kita sadar bahwa kita menginginkan kehadiran Tuhan dan Tuhan mengundang kita ke hadiratNya. Kita dapat menemukannya melalui penggambaran kehadiran Tuhan yang dijelaskan secara jelas di beberapa ayat dalam Mazmur. Seperti 5 poin inti berikut yang menjelaskan tentang kehadiran Tuhanyang diajarkan Mazmur kepada kita. 

1. Kehadiran Tuhan Ada Dimana-mana 

- Mazmur 97 : 5 “Gunung-gunung luluh seperti lilin di hadapan TUHAN, di hadapan Tuhan seluruh bumi.” 

- Mazmur 114 : 7 “Gemetarlah, hai bumi, di hadapan TUHAN, di hadapan Allah Yakub,” 

Apapun kondisi kehidupan yang kita jalani hingga saat ini, kita tidak dapat melarikan diri dari Tuhan. Tetapi sebagai anak-anak Allah kita seharusnya mampu menghibur diri kemanapun kehidupan saat ini membawa kita, karena Tuhan akan selalu ada dimanapun kita berada. 

Sebagai manusia mungkin saja bisa berpindah kemana kita suka, tetapi mau sebanyak apapun kita berpindah tempat Tuhan akan tetap ada disana. Sehingga kapanpun dan dimanapun kita membutuhkan Tuhan, maka Tuhan sudah hadir dimana kita berada. 

 

Baca Juga : Buat Anda yang Belum Tahu, Kenali 6 Bagian Kitab Mazmur Ini

 

2. Kehadiran Tuhan Memberikan Sukacita 

- Mazmur 95 : 2 “Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.” 

Ketika kita menyadari bahwa Tuhan selalu berada bersama kita, maka kita akan mendapatkan sukacita. Karena kita memiliki Allah yang tidak menyembunyikan diriNya, tetapi selalu hadir bersama kita. Sehingga kita dapat menaikkan pujian bagi Dia atas kehadiranNya.

3. Kehadiran Tuhan itu Baik 

- Mazmur 16 : 2 “Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" 

- Mazmur 73 : 28 “Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya.” 

Berdasarkan kedua ayat ini, kita mengetahui bahwa betapa indahnya kehadiranNya. Karena kehadiranNya akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita dan kehidupan kita. Sehingga kehadiran Tuhan adalah sumber dari segala hal baik dalam hidup kita.  

 

Baca Juga : 7 Mazmur untuk Melawan Rasa Depresi

 

4. Kehadiran Tuhan Membawa Sukacita 

- Mazmur 16 : 11 “Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.” 

Hubungan kita yang dekat dengan Tuhan akan diingatkan kembali bahwa kita dapat memiliki sukacita bersamaNya. Karena sukacita yang sejati bukan tergantung pada apa yang terjadi di sekitar kita, tetapi datang dari kedekatan dan pengetahuan yang mendalam bersama Tuhan. 

5. Kehadiran Tuhan Membawa Keadilan 

- Mazmur 17 : 2 “Dari pada-Mulah kiranya datang penghakiman: mata-Mu kiranya melihat apa yang benar.” 

Manusia tentu tidak selalu bersikap adil, tetapi kehadiran Tuhan akan mendatangkan keadilan di dalam hidup kita. Dia akan memberikan berkat kepada orang yang berbuat benar seturut dengan perintahNya dan akan menghukum mereka yang berbuat salah keluar dari apa yang diajarkanNya.

Penyediaan Tuhan 

Tuhan mengajarkan kepada kita tentang segala penyediaanNya dalam hidup kita. Apa yang kita butuhkan ketika mengalami kekurangan, akan Tuhan sediakan secara luar biasa. Banyak cara yang Tuhan lakukan untuk menyediakan apapun di dalam hidup kita, baik secara langsung menjawab doa kita ataupun melalui hal-hal baik atau keberuntungan baik yang kita dapatkan. 

Namun, penyediaan yang Tuhan berikan bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan fisik saja, tetapi mengambil beberapa aspek lain dalam hidup kita. 4 poin berikut memberikan pengertian kepada kita tentang apa yang Tuhan sediakan bagi kita. 

1. Penyediaan Tuhan Memberikan Perlindungan dan Kedamaian (Mazmur 3) 

Apa yang dituliskan di dalam Mazmur 3, kita memahami bahwa Tuhan memberikan kepada kita sebuah perlindungan dari musuh, sehingga kita memperoleh damai sampai waktu tidur menghampiri kita.  

 

Baca Juga : 7 Pemaknaan Hati yang Terkandung dalam Kitab Mazmur 119

 

2. Penyediaan Tuhan Melepaskan Pembekalan (Mazmur 23) 

Saat menjalani kehidupan jika kita berada bersama Tuhan, kita tidak akan mengalami kekurangan apapun. Karena Tuhan mengajarkan bahwa apa yang tidak kita dapatkan berarti kita belum memerlukannya dalam waktu dekat. Hal ini dapat dipahami bahwa Tuhan akan selalu menyediakan apa yang kita butuhkan. 

3. penyediaan Tuhan atas Penebusan dan Belas Kasihan (Mazmur 31) 

Disaat kita datang ke hadiratNya dan berseru kepadaNya memohon pengampunan atas segala dosa yang kita lakukan, Tuhan akan memberikan pengampunan kepada kita. Seperti yang telah tertulis di dalam 1 Yohanes 1 : 9 “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” 

Apa yang telah Tuhan simpan untuk kita adalah penyediaanNya bagi kebaikan kita yang telah Dia rencanakan. Hal ini telah tertulis di dalam Mazmur 31 : 19 “Alangkah limpahnya kebaikan-Mu yang telah Kausimpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah Kaulakukan bagi orang yang berlindung pada-Mu, di hadapan manusia!”

4. Penyediaan Tuhan sebagai Bentuk Penggambaran Hubungan kita dengan Allah (Mazmur 131) 

Melalui Mazmur 131, kita dapat memahami bahwa Tuhan memberikan kasih sayangNya dan menjaga kita seperti orangtua kepada anaknya. Sehingga Dia akan menyediakan apapun kebutuhan yang kita perlukan. 

Janji Tuhan 

Ketika kita membicarakn janji Tuhan, disetiap kitab dalam Alkitab telah dinyatakan secara jelas. Salah satunya janji Tuhan yang ada di dalam kitab Mazmur, kita bisa menjadi lebih memahami bahwa setiap janji yang Tuhan berikan akan Ia wujudkan kepada orang yang setia kepada janjiNya. Hal ini telah tertulis melalui 3 poin janji yang diberikan Tuhan kepada kita. 

1. Tuhan Sebagai Tempat Perlindungan 

- Mazmur 5 : 11 “ Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.” 

- mazmur 7 : 1 “Nyanyian ratapan Daud, yang dinyanyikan untuk TUHAN karena Kush, orang Benyamin itu. Ya TUHAN, Allahku, pada-Mu aku berlindung; selamatkanlah aku dari semua orang yang mengejar aku dan lepaskanlah aku,” 

- Mazmur 9 : 9 Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.” 

- Mazmur 16 : 1 “Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.” 

- Mazmur 36 : 7 “Betapa berharganya kasih setia-Mu, ya Allah! Anak-anak manusia berlindung dalam naungan sayap-Mu.” 

 

Baca Juga : Lagu Viral Gam Gam Biara Ternyata Berasal dari Mazmur 23:4

 

2. Tuhan Selalu Mendengarkan Doa Kita 

- Mazmur 34 : 17 “Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.” 

- Mazmur 18 : 6 “Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berteriak minta tolong. Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya.” 

- Mazmur 145 : 18 “TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.” 

- Mazmur 50 : 15 “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." 

- Mazmur 34 : 6 “Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.” 

3. Tuhan Memiliki Masa Depan Bagi Setiap Kita 

- Mazmur 37 : 4 “dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.” 

- Mazmur 23 : 6 “Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.” 

- Mazmur 86 : 9 “Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu.” 

- Mazmur 102 : 15 “Maka bangsa-bangsa menjadi takut akan nama TUHAN, dan semua raja bumi akan kemuliaan-Mu,” 

- Mazmur 119 : 105 “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”

Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami