Lagu Viral Gam Gam Biara Ternyata Berasal dari Mazmur 23:4
Sumber: Google Image

News / 20 April 2023

Kalangan Sendiri

Lagu Viral Gam Gam Biara Ternyata Berasal dari Mazmur 23:4

Wisnu Prianggani Contributor
10658

Belakangan ini tengah viral di media sosial TikTok lagu berjudul "Gam Gam Biara" yang banyak digunakan sebagai latar musik untuk berbagai macam video. Namun, tahukah kamu asal mula lagu tersebut dan maknanya yang mendalam?

Lagu "Gam Gam" berasal dari bahasa Ibrani yang ditulis oleh Elie Botbol, dengan mengambil ayat keempat dari Mazmur 23 Daud dari Perjanjian Lama. Mazmur 23 adalah sebuah doa atau nyanyian yang sangat terkenal di kalangan umat Kristen dan Yahudi, karena menggambarkan Allah yang setia dan melindunginya dari bahaya. Musiknya sendiri adalah gaya klezmer, sebuah genre musik tradisional Yahudi .Lirik dalam lagu tersebut diambil dari Perjanjian Lama yaitu Mazmur 23:4 yang berbunyi “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

 

Baca Juga: Pesan Harapan dalam Lagu Rohani "Believe For It"

 

Namun lagu ini sebenarnya memiliki makna yang lebih dalam dan merupakan sebuah simbol dari peristiwa Holocaust karena ada lebih dari satu setengah juta anak-anak Yahudi ditahan dalam kamp konsentrasi Nazi selama Holocaust. Saat ini lagu "Gam Gam" ini dinyanyikan oleh siswa Yahudi pada Hari Peringatan Internasional Holocaust pada tanggal 27 Januari sebagai sebuah bentuk penghormatan dan pengingat atas kengerian yang terjadi pada masa itu.

Lagu ini juga menginspirasi Ennio Morricone yang memasukkan lagu ini ke dalam soundtrack film “Jonah Who Lived in the Whale” (dirilis di Amerika Serikat sebagai 'Look to the Sky') pada tahun 1993. Film ini bercerita tentang seorang guru perempuan yang mengajarkan 'Gam Gam' kepada Jonah dan anak-anak lainnya di kamp Nazi. Meskipun ditempatkan dalam konteks yang sangat berbeda, pesan lagu tetap relevan dan kuat.

 

Lirik (transliterasi dari Ibrani):

Gam-Gam-Gam Ki Elekh

Be-Beghe Tzalmavet

Lo-Lo-Lo Ira Ra

Ki Atta Immadì

Šivtekhà umišantekhà

Hema-Hema yenahmuni

 

Baca Juga: Takut Menghadapi Kehidupan? Dengerin 7 Lagu Rohani Ini Untuk Melawan Rasa Takut Anda

 

Terjemahan:

 

Walau berjalan di lembah

bayangan maut,

tidak akan kutakuti kejahatan;

karena Engkau senantiasa bersamaku.

Engkau adalah tongkatku,

dukunganku,

Dengan-Mu aku merasa tenang.

 

Secara keseluruhan, lagu 'Gam Gam Biara' memiliki nilai sejarah dan pesan yang kuat yang harus dihargai. Lagu ini mengingatkan kita akan kesulitan yang dihadapi oleh para korban Holocaust, serta semangat dan harapan yang terus hidup bahkan di tengah kesulitan terbesar. Oleh karena itu, kita harus terus menghargai dan memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan yang mendorong kebaikan dan kedamaian bagi seluruh umat manusia.

 

Baca Juga: Sangat Berharga Lagu GMS yang Ingatkan Soal Arti Melayani Tuhan

 

Dalam konteks kekinian, lagu "Gam Gam Biara" menjadi viral dan sangat populer di TikTok, meskipun mungkin banyak penggunanya yang tidak memahami maknanya yang mendalam. Namun, ini juga merupakan sebuah kesempatan untuk memperkenalkan makna sebenarnya dari lagu ini kepada generasi yang lebih muda dan memastikan bahwa Mazmur 23:4 dapat dijadikan sebagai pegangan hidup di setiap musim kehidupan.

Halaman :
1

Ikuti Kami