5 Gereja yang Beralih Fungsi Menjadi Tempat Hiburan di Dunia
Sumber: facebook.com

News / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

5 Gereja yang Beralih Fungsi Menjadi Tempat Hiburan di Dunia

Bella Tiurma Official Writer
1535

Beberapa waktu terakhir ini, sejumlah gereja di Eropa telah beralih fungsi dari yang sebelumnya digunakan hanya untuk tempat ibadah, tapi saat ini menjadi tempat hiburan. Fenomena ini terjadi karena turunnya jumlah umat Katolik Roma dan tempat ibadah mulai kosong serta terbengkalai di beberapa kota besar Eropa, bahkan di beberapa belahan dunia lainnya pun terdapat gereja yang beralih fungsi juga. 

Kekosongan dalam gereja dapat menunjukkan bahwa kekristenan saat ini sedang sekarat, sehingga bangunan gereja yang kosong tidak dapat dipertahankan lagi dan semakin banyak bangunan yang dijual. Namun, bangunan gereja yang kosong selain dihancurkan, beberapa dialihfungsikan menjadi tempat hiburan.

Berikut 5 gereja yang sudah beralih fungsi menjadi tempat hiburan di dunia. 

1. Sacred Hearth Church, Belgia

Kondisi Sacred Hearth Church yang Telah Menjadi Sebuah Cafe

Salah satu gereja Katolik Roma yang telah ditutup selama dua tahun dan saat ini telah beralih fungsi menjadi sebuah café dan panggung pertunjukan untuk konser. Perubahan ini dilakukan untuk mengubah gereja menjadi tempat budaya baru di jantung Mechelen. 

 

Baca Juga: Gereja Megah Ini Menangi Penghargaan Gedung Berarsitektur Terbaik

 

2. Gereja Fransiskan, Belgia

Keadaan Gereja Fransiskan yang Diubah Menjadi Hotel Mewah

Selain café, salah satu gereja di Belgia turut beralih fungsi menjadi sebuah hotel mewah yang beberapa waktu lalu dijadikan tempat bintang musik Stromae yang menggelar pesta pernikahan. 

 

3. Church Brew Works, Pennsylvania

 

Bangunan Church Brew Works Menjadi Cafe

Sebuah gereja Katolik Roma yang berada di lingkungan Lawrenceville di Pittsburgh, Pennsylvania yang dibangun pada tahun 1902 dan berfungsi menjadi gereja pada tahun 1996. Namun, saat ini bangunan gereja yang dahulu menjadi tempat ibadah sudah berubah menjadi sebuah café yang dibuka untuk makan siang dan malam dengan sajian berbagai hidangan menu. 

 

Baca Juga: 7 Bangunan Gereja di Indonesia yang Punya Arsitektur Unik & Menarik Perhatian Banyak Orang

 

4. St. Paul’s Evangelical Church, Ohio

St. Paul's Evangelical Church yang Telah Berubah Menjadi Sebuah Cafe Mewah

Salah satu gereja Kristen tertua di Cincinnati, Ohio telah beralih fungsi menjadi sebuah café dengan sajian berbagai minuman dingin khas Taft. 

 

5. Gereja St. Mary, Irlandia

Kondisi Gereja St. Mary yang Menjadi Cafe, Bar, Restoran, hingga Tempat Hiburan Malam

Sebuah gereja di Dublin, Irlandia telah berdiri sejak awal abad ke-18, tetapi gereja ini harus ditutup pada tahun 1964 dengan meninggalkan beberapa dekorasi yang menakjubkan, seperti organ buatan Renatus Harris dan jendela kaca patri. Penutupan gereja ini dikarena selama beberapa tahun telah terbengkalai dan sempat kembali difungsikan sebagai gereja pada tahun 2005. Namun, perubahan ini tak berselang lama, sekarang bangunan gereja ini telah beralih fungsi sebagai café, bar, restoran, hingga tempat hiburan malam.

Melihat fenomena gereja yang semakin banyak kosong atau ditinggalkan belakangan ini, semoga memberikan kita kepekaan bahwa gereja saat ini sedang menghadapi tantangan yang nyata. Yuk ikut berdoa supaya kita sebagai umat Tuhan terus bergerak untuk menjangkau, khususnya anak muda saat ini yang sudah lebih memilih mengikuti gaya hidup modern dibandingkan pergi ke gereja.

Halaman :
1

Ikuti Kami