Makna Matius 5:16, Mengapa Yesus Ingin Orang Kristen Menjadi Terang dan Garam Dunia
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 5 July 2023

Kalangan Sendiri

Makna Matius 5:16, Mengapa Yesus Ingin Orang Kristen Menjadi Terang dan Garam Dunia

Claudia Jessica Official Writer
5696

Ketika seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus dan memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, setia mengikuti teladan Kristus, maka ada pancaran cahaya dalam diri mereka yang sangat mencolok. Ada perbedaan dalam setiap langkah, kepribadian mereka dengan orang lain. Mereka juga memiliki cara yang berbeda dalam menangani masalah.

Lalu bagaimana “terang” atau perbedaan ini dapat mengubah kehidupan kita?

Firman Tuhan dalam Matius 5:16 mengatakan, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Mari kita lihat lebih jauh tentang apa yang Yesus perintahkan kepada umat-Nya untuk membiarkan terangnya bersinar.

 

BACA JUGA: Menjadi Terang Lewat Hubungan Antar Manusia dan Tuhan. Begini Caranya!

 

Apa arti “Hendaknya Terangmu Bercahaya?”

Terang yang dimaksud dalam Matius 5:16 merujuk kepada perubahan positif dalam diri Anda.

Terang adalah pemahaman bahwa Allah adalah Bapa Anda, Yesus adalah Juruselamat Anda, dan jalan Anda sedang dituntun oleh Roh Kudus yang penuh kasih.

Artinya, sekarang Anda sadar bahwa yang Anda ketahui sebelum mengenal Yesus secara pribadi dan menerima pengorbanan-Nya, tidak sama lagi. Anda memperlakukan diri Anda sendiri dan orang lain dengan lebih baik karena Anda memahami bahwa Tuhan mengasihi Anda dan memenuhi semua kebutuhan Anda.

“Terang” dalam diri Anda adalah ungkapan syukur atas pengorbanan Yesus untuk menyelamatkan Anda sehingga Anda kembali dilayakkan di hadapan Bapa serta Anda memiliki pengharapan di dalam Tuhan untuk menghadapi apapun yang terjadi dalam hidup Anda.

Masalah yang tampak seperti gunung, sekarang terlihat seperti kaki bukit yang dapat Anda taklukkan bersama Tuhan. Jadi, ketika “terang” Anda bersinar, Anda telah memancarkan kasih Yesus dalam kata-kata, tindakan, dan pikiran Anda.

 

BACA JUGA: Mengapa Orang Kristen Selalu Mengatakan “Percaya dan Berdoa”?

 

Kepada siapa Yesus berkata hal tersebut?

Yesus mengucapkan Firman yang tercatat dalam Matius 5 tersebut kepada murid-murid-Nya.

Percakapan ini terjadi setelah Yesus menyembuhkan banyak orang di seluruh Galilea dan beristirahat dengan tenang dari kerumunan di sebuah gunung.

Yesus memberi tahu para murid bahwa semua orang percaya adalah “garam dan terang dunia” (Matius 5:13-14) dan mereka seperti “kota di atas bukit yang tidak dapat disembuntikan” (Matius 5:14).

Yesus melanjutkan bahwa setiap orang percaya dirancang untuk menjadi pelita yang menerangi jalan semua orang (Matius 5:15).

Apa arti Firman Tuhan tersebut bagi yang mendengarkan?

Ayat ini adalah bagian dari beberapa kata-kata hikmat yang Yesus katakan kepada murid-muridNya, yang kemudian terungkap dalam Matius 7:28-29 bahwa mereka yang mendengarkan “Takjublah orang banyak itu mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka.”

 

BACA JUGA: 5 Makna Matius 28:7 yang Berbicara Tentang Kebangkitan Tuhan Yesus

 

Yesus tahu apa yang menanti-Nya dan yang menanti murid-murid-Nya di masa depan. Dia paham betul bahwa masa-masa sulit sedang menunggu mereka. Oleh karena itu, Yesus ingin murid-murid-Nya dan kita semua menjadi terang agar orang lain dapat bertahan di dunia yang penuh kegelapan ini.

Orang percaya harus menjadi terang yang mampu menembus kegelapan untuk memimpin orang-orang yang tidak mengenal Yesus untuk sampai kepada-Nya.

Terang kita adalah tujuan yang telah Tuhan tetapkan dalam hidup kita untuk membawa orang-orang menuju kerajaan-Nya dan kekekalan di surga.

Sumber : biblestudytools.com
Halaman :
1

Ikuti Kami