Fakta Alkitab: Catatan Alkitab Tentang Surga
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 4 July 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Catatan Alkitab Tentang Surga

Claudia Jessica Official Writer
2177

Pernah melihat Surga? Mungkin Anda pernah mengalami mati suri dan dibawa ke Surga? Ada banyak kesaksian dan bahkan buku yang ditulis tentang pengalaman mereka yang pernah ke Surga. Apakah benar yang mereka ceritakan itu? Sebenarnya Surga itu seperti apa?

Mari kita cari jawabannya dari apa yang dituliskan oleh Alkitab.

Surga adalah sebuah tempat atau lokasi

Surga adalah sebuah tempat yang menjadi tujuan bagi semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Yesus menyebutnya juga sebagai “Rumah Bapa-Ku.”

Yesus berkata dalam Yohanes 14:1-2, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.”

 

BACA JUGA: 5 Bukti Alkitab Bahwa Surga Itu Ada

 

Firdaus dan Surga apakah dua tempat berbeda?

Yesus berkata kepada seorang penjahat yang disalib bersamanya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Tempat bernama Firdaus ini juga disebut oleh Rasul Paulus di 2 Korintus 12:4, dan penglihatan Rasul Yohanes dalam Wahyu 2:7.

Firdaus mengarah kepada sebuah Taman Tuhan, dimana roh manusia berada di hadirat Tuhan.

Alkitab menyatakan bahwa roh manusia yang mati kembali kepada Tuhan (Pengkhotbah12:7), maka Firdaus ini adalah Surga di mana Allah hadir dan bertahta di sana.

Apa yang akan manusia lakukan di Surga? Apakah ada makan dan minum, apakah ada hubungan perkawinan?

Inilah fakta yang ditulis Alkitab:

1. Dalam Wahyu 7:14-17 menceritakan penglihatan Rasul Yohanes kondisi Surga. Disana ada tahta Allah, dimana Anak Domba ada ditengah-tengah tahta itu, dan ada umat yang melayani dengan menyanyikan pujian dan menyembah Tuhan.

2. Dinyatakan bahwa di Surga tidak ada rasa lapar dan haus lagi.

3. Di Surga juga tidak ada kesedihan lagi, karena “Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka.”

4. Bahkan Yesus menyatakan, kehidupan setelah kematian tidak lagi ada hubungan pernikahan, “Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan, tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan. Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.(Lukas 20:34-26)

 

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Kenaikan Yesus ke Surga Penting Bagi Orang Percaya

 

Dengan penjelasan di atas, maka kehidupan di Surga tidak lagi berkaitan dengan kebutuhan jasmani seperti makan dan minum serta hal perkawinan. Tidak juga berkaitan dengan emosional kita, kesedihan atau kemarahan, sebab hati kita terarah kepada Tuhan Yesus Kristus, sang Anak Domba, sehingga kita hidup dalam sukacita Ilahi.

Jalan menuju Surga

Dalam perikop dimana Yesus menyatakan bahwa Ia akan menyiapkan tempat di rumah Bapa, Thomas bertanya bagaimana jalan menuju Surga itu?

Apakah Anda juga memiliki pertanyaan yang sama? Bagaimana saya, manusia yang berdosa bisa mendapatkan tempat di Surga?

Inilah Jawab Yesus: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” (Yohanes 14:6-7)

Yesus adalah satu-satunya jalan dan kebenaran dan hidup, hanya melalui Dia kita memperoleh hidup yang kekal.

Caranya bagaimana?

Dengan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, dan bahwa Dia sudah mati dan bangkit untuk menebus dosa manusia.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Lokasi Kedatangan Yesus yang Kedua

 

“Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” (Roma 10:9-10)

Mereka yang percaya kepada Yesus Kristus ini, adalah manusia baru, yang dilahirkan kembali dalam Roh Kudus dan menjadi anak-anak Allah, sebagaimana tertulis dalam Yohanes 1:12, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;”

Apakah Anda mau mengenal Yesus Kristus, dan menemukan jalan ke Surga?

Atau Anda memiliki pertanyaan seputar Surga yang dipaparkan Fakta Alkitab tadi? Anda bisa hubungi Tim doa dan konseling CBN di nomor 0822-1500-2424 atau klik link: bit.ly/TanyaCBN

 

Temukan beragam konten inspiratif kami lainnya dengan mengikuti berbagai platform media sosial di IG @jawabanTwitter @jawabanFB @jawabandotcom & Youtube Jawaban Channel.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami