Fakta Alkitab: Lokasi Kedatangan Yesus yang Kedua
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 8 June 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Lokasi Kedatangan Yesus yang Kedua

Claudia Jessica Official Writer
1799

Kedatangan Kedua Yesus atau kembalinya Yesus Kristus dari Surga ke Bumi menjadi tema penting dalam dalam pengajaran agama Kristen. Kedatangan kedua Yesus memakai kata Parousia di dalam Naskah Perjanjian Baru yang menggunakan bahasa Yunani.

Dari 24 kali kemunculan kata Parousia, 17 kali di antaramya merujuk pada nama Yesus. Sedangkan kata Yunani Epifani, juga merujuk pada kedatangan Yesus kembali. Epifani muncul sebanyak lima kali dalam Kitab Perjanjian Baru berbahasa Yunani.

“Kapan Yesus akan datang kembali?” adalah pertanyaan penting sejak awal perkembangan Kekristenan hingga sekarang. Selain itu, Pertanyaan penting lainnya adalah “dimanakah Yesus akan datang kembali?”

Alkitab tampaknya mengindikasikan bahwa lokasi yang tepat untuk kedatangan Yesus yang kedua kali adalah Bukit Zaitun.

Bahasa Arab untuk Bukit Zaitun adalah Jabal al-Ṭūr. Pegunungan batu kapur yang memiliki banyak puncak tersebut terletak di sebelah timur Kota Tua Yerusalem dan dipisahkan oleh Lembah Kidron.

Kedatangan Yesus Kristus kedua di Bukit Zaitun menjadi nubuatan sejak Nabi Zakharia di jaman Perjanjian Lama. Lokasi kedatangan Yesus adalah Bukit Zaitun di dekat Yerusalem (Zakharia 14:3-4)

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Prediksi yang Terkenal Tentang Akhir Zaman Vs yang Dikatakan Alkitab

 

Bukit Zaitun pertama kali muncul dalam Alkitab saat peristiwa kudeta kekuasaan oleh Absalom terhadap ayahnya, Raja Daud. Ketika itu, Daud dan para pengikut setianya melarikan diri dari kota itu melalui jalur timur. Hal ini tercatat dalam kitab 2 Samuel 15:30, “Daud mendaki bukit Zaitun sambil menangis, kepalanya berselubung dan ia berjalan dengan tidak berkasut. Juga seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia masing-masing berselubung kepalanya, dan mereka mendaki sambil menangis.”

Secara geografis, punggungan Bukit Zaitun sebelah timur bersebelahan dengan Kota Tua Yerusalem. Gunung ini dinamai Bukit Zaitun karena kebun-kebun zaitun pernah menutupi lerengnya. Sedangkan di sisi Selatan Bukit Zaitun, terdapat komplek pemakaman Silwan.

Tempat ini menjadi komplek pemakaman kaum bangsawan Yahudi Kuno. Pemakaman yang terletak di Desa Silwan, Palestina ini berusia lebih dari 3.000 tahun dan menampung sekitar 150.000 makam orang Yahudi.

Bukit Zaitun dalam Perjanjian Baru

Perjanjian Baru cukup sering menyebut Bukit Zaitun.  Terutama di hari-hari yang termasuk dalam minggu sengsara Yesus. Ada banyak peristiwa penting dan nubuatan yang Yesus lakukan sebelum kematian-Nya, diantaranya:

1. Parade Kemenangan: Yesus secara resmi memperkenalkan diri-Nya sebagai Mesias kepada khalayak Israel sebagaimana para nabi dan kitab-kitab terdahulu menubuatkan-Nya. (Matius 21)

 

BACA JUGA: Benarkan Raja Saul Berbicara Dengan Arwah Samuel? Atau Justru Hanya Roh Setan?

 

2. Khotbah di Bukit Zaitun: Setelah meninggalkan Bait Suci, Yesus duduk di Bukit Zaitun bersama para murid-Nya.  Dia menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Kedatangan-Nya yang kedua kali (Matius 24-25). Misalnya, tanda-tanda akhir jaman, peringatan tentang sengsara besar, dan penghakiman atas bangsa-bangsa saat kedatangan Yesus yang kedua.

3. Pengkhianatan dan Pengabaian: Di Getsemani, sebuah tempat di area Bukit Zaitun, Yudas Iskariot mengkhianati-Nya. Pada saat bersamaan, murid-murid-Nya meninggalkanNYA saat peristiwa penangkapan Yesus. (Matius 26:31)

4. Kenaikan: Di Bukit Zaitun inilah, Yesus memberikan Amanat Agung kepada murid-murid-Nya sebelum Dia naik ke surga. (Kisah Para Rasul 1:9-12)

Kisah Rasul-Rasul 1:11 yang berbunyi:

“Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali  dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Via Dolorosa, Jalan Kesengsaraan atas Pengorbanan Yesus

 

Ayat ini menjadi sebuah konfirmasi dari Perjanjian Baru yang menyatakan bahwa lokasi kedatangan Yesus kedua kali adalah Bukit Zaitun. Penyampaian perkataan oleh malaikat itu menjadi konfirmasi apa yang telah ditulis nabi Zakharia dalam Perjanjian Lama.

Jadi bagaimana menurut kamu? Apakah kamu sepakat bahwa Yesus pertama kali akan menginjakkan kaki-Nya di Bukit Zaitun pada saat kedatangan-Nya yang kedua kali? Coba tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya.

 

Saksikan Fakta Alkitab: Lokasi Kedatangan Yesus yang Kedua berikut ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami