Kasih Karunia Tuhan yang Senantiasa Menolong
Kalangan Sendiri

Kasih Karunia Tuhan yang Senantiasa Menolong

Lori Official Writer
      1764

Ayat Renungan: 

Yesaya 41: 10, "...janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." 

1 Korintus 10: 13, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” 

 

Kita akan selalu menghadapi banyak persoalan dalam hidup. Tapi terlepas dari keadaan yang kita alami, kita sudah diberikan kasih karunia untuk menghadapinya. 

Dalam Yesaya 41: 10, Tuhan menyampaikan dengan tegas, “...janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” 

Ada tiga hal yang membuat kita terpuruk dalam hidup tetapi kasih karunia Tuhan akan menolong kita melaluinya.

Pertama, pencobaan. Saat Tuhan mengizinkan pencobaan, Tuhan mau kita mengingat kebenaran ini. “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10: 13)

Kedua, kelelahan. Saat hidup begitu melelahkan dan kehabisan energi. Saat itu Tuhan kita hanya perlu meminta kekuatan baru dari Tuhan. “Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.” (2 Korintus 1: 21-22)

Ketiga, dihadapkan dengan masalah. Masalah kadang bisa menorehkan luka yang mendalam. Saat kamu merasa persoalan yang kamu hadapi sudah melampaui kekuatanmu, imani firman ini terjadi atas hidupmu, “…janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." (Yesaya 41: 10).

 

Action: Apa saja anugerah Tuhan yang sudah kamu terima dalam hidupmu? Hari ini bagikan kepada orang-orang terdekat dan doakan mereka untuk menerima kasih karunia Tuhan dalam hidup mereka.

Ayat Hafalan: Efesus 2:8-9, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Ikuti Kami