Kita Ada Karena Anugerah Allah
Kalangan Sendiri

Kita Ada Karena Anugerah Allah

Lori Official Writer
      2386

Ayat Renungan: 

1 Korintus 15: 10, “Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.”

Titus 2: 11, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.”

 

Di dalam renungan ayat pagi ini, yang diambil dari 1 Korintus 15: 10, kita diingatkan bahwa seluruh pencapaian dan kesuksesan kita sebenarnya kita peroleh karena kasih karunia Tuhan. Mungkin kita akan berkata, “Aku kan punya uang karena aku bekerja. Tentu saja itu adalah hasil dari usahaku sendiri.” Ya, benar. Kita memang mengusahakan untuk hidup. Tetapi kita jangan pernah lupa bahwa kita diberikan tubuh dan fisik yang sehat, dimana jantung kita bisa bekerja, itu semua karena pemberian Allah.

Tidak satu orang pun berdaulat mengatur tubuh fisik kita. Karena itu adalah pemberian Allah. Kalau bukan Tuhan yang memberi anugerah pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat maka kita tidak akan mungkin mampu bekerja. Jadi dengan kata lain, kalau kita ada dan bisa sukses seperti sekarang ini itu semua tak terlepas dari anugerah Tuhan. 

Tuhan mempercayakan kita sebagai pengelola. Tetapi sumbernya ialah anugerah Tuhan. Karena Dia adalah sumber anugerah yang tak terbatas, maka tak ada alasan bagi kita untuk takut menjalani hidup ini. Bukan karena kekuatan dan kemampuan kita yang membuat hidup kita berhasil, tetapi karena ada anugerah Tuhan di dalamnya.

Setelah kita ditebus oleh pengorbanan Yesus di kayu salib, kita diberikan pekerjaan lain bahwa kita perlu mengusahakan hidup kita. Tetapi supaya kita berhasil, kita membutuhkan anugerah Tuha.  Sebagaimana Dia menganugerahkan kita pikiran, tubuh dan jiwa yang sehat, Dia juga akan memberi kita anugerah untuk menghadapi beragam tantangan dan masalah.

Firman Tuhan dalam Titus 2: 11 berkata, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.” Ayat ini menegaskan bahwa semua yang kita punya adalah karena anugerah Tuhan. 

Kiranya kebenaran ini membuat kita semakin mempercayai anugerah Tuhan dalam hidup kita. Jadi, jangan takut! Percayalah bahwa anugerah Tuhan akan menyempurnakan hidup kita, dimana semua hal yang baik, yang indah, yang manis dan penuh sukacita akan menjadi milik kita. 

 

Action: Hari ini mari menaruh iman kita bahwa anugerah Tuhan adalah sumber kehidupan. Kemudian kamu bisa mencerita tentang kebenaran yang kamu dapatkan pagi ini kepada orang di sekitarmu sehingga mereka bisa termotivasi untuk mensyukuri setiap anugerah yang mereka terima di dalam hidup.

Ayat Hafalan:  Efesus 2:8-9, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Ikuti Kami