Sejarah HUT Jakarta dan Transformasi Logo dalam 5 Tahun Terakhir, Apa yang Beda? Yuk Simak
Sumber: detik.com

News / 21 June 2023

Kalangan Sendiri

Sejarah HUT Jakarta dan Transformasi Logo dalam 5 Tahun Terakhir, Apa yang Beda? Yuk Simak

Bella Tiurma Official Writer
2890

HUT Jakarta Tahun 2023 

Pada tahun ini 2023, euforia HUT Jakarta sudah mulai terasa dari bulan Mei lalu. Dimana di tahun ini Jakarta telah memasuki usia yang ke-496 tahun dan mengusung tema “Jadi Karya untuk Nusantara”. Tema yang diambil oleh Pemprov DKI Jakarta ini sebagai wujud pengembangan dari slogan Jakarta “Sukses Jakarta untuk Indonesia”. 

Dibalik tema yang diambil oleh Pemprov DKI Jakarta ini sebenarnya memiliki makna yang sangat mendalam. Dimana makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bukti kesiapan Jakarta untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pemicu kemajuan bagi daerah lainnya di Indonesia. 

Transformasi Logo HUT Jakarta 5 Tahun Terakir 

Ketika kita memperhatikan setiap memperingati HUT Jakarta pasti kita akan menemukan perbedaan-perbedaan pada setiap logonya yang penuh dengan makna dan harapan. Mau tahu apa yang membedakan logo HUT Jakarta setiap tahunnya? Yuk simak penjelasan singkatnya. 

1. Logo HUT Jakarta Tahun 2023

Berdasarkan tema dan makna yang terkandung di dalamnya, Pemprov DKI menyiapkan sebuah logo yang mampu menggambarkan 496 Jakarta mampu menjadi sebuah karya untuk Nusantara. Dimana dalam logo ini tersusun dari beragam warna dan filosofi tersendiri. 

Warna yang menjadi penyusun dalam logo itu, seperti warna biru muda yang mendominasi dalam logo ini melambangkan pertumbuhan Jakarta yang menjadi kota global, warna hijau yang melambangkan keharmonisan, sinergi, dan integritas masyarakat Jakarta yang telah mencapai pembangunan yang berkelanjutan, serta yang terakhir warna merah sebagai perwakilan penggambaran semangat yang dimiliki Jakarta dalam menghadapi tantangan global. 

Tak hanya itu, dibalik penulisan angka 9 pada 496 ini terlihat seperti memiliki bentuk spiral memiliki makna sebagai penggambaran Jakarta yang memiliki pergerakan, pertumbuhan, dan transformasi Jakarta yang berubah menjadi kota bisnis berskala dunia. 

Selain itu, penambahan design seperti kembang api dalam logo tersebut memiliki arti adanya semangat dalam pembangunan kota yang berkelanjutan. Dan yang terakhir design tambahan yang menggambarkan seperti bentuk manusia di sebelak kiri dan rumah di sebelah kanan ini memiliki arti bahwa seluruh masyarakat Jakarta dengan semangat penuh menyambut setiap acara internasional dan Jakarta siap sebagai tempat perlindungan bagi masyarakatnya.

Sumber : jakarta.go.id | sindonews.com | detik.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami