20 Fakta Menarik Dalam Alkitab yang Wajib Orang Kristen Tahu (1/2)
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 18 June 2023

Kalangan Sendiri

20 Fakta Menarik Dalam Alkitab yang Wajib Orang Kristen Tahu (1/2)

Lori Official Writer
20659

Sebagian dari pembaca artikel ini pastinya sudah beberapa kali mengulang pembacaan Alkitab mulai dari kitab Kejadian sampai Wahyu. Pastinya sebagian besar yang tertulis di dalamnya sudah familiar dan bisa dijadikan panduan dalam menggali lebih dalam tentang sejarah dan kejadian yang terjadi di zaman Alkitab.

Nah, untuk semakin mengasah pengetahuan Anda seputar beragam peristiwa penting di dalam Alkitab Jawaban.com akan membeberkan 20 fakta menarik yang akan semakin menambah pemahaman Anda akan banyak hal. Simak selengkapnya di bawah ini.

Fakta 1: Terdapat 6 orang di zaman Alkitab yang hidup lebih dari 900 tahun diantaranya Adam (930 tahun), Seth (912 tahun), Kenan (910 tahun), Enos (905 tahun), Yared (962 tahun), Nuh (950 tahun). 

 

Baca Juga: Kuis Alkitab Seru! Tebak Tokoh Alkitab Ini Berdasarkan Ciri-cirinya!

 

Fakta 2:  Satu-satunya perahu yang disebutkan namanya di dalam Alkitab adalah Castor dan Pollux (Kisah Para Rasul 28: 11). Di Alkitab terjemahan baru disebutkan “Dioskuri” atau “Dioskuroi” (bahasa Yunani Διόσκουροι) yang artinya sepasang sudara kembar yaitu Kastor (Κάστωρ) dan Polluks atau Polideukes (Πολυδεύκης).

Fakta 3: Manasye adalah raja terlama yang memerintah sepanjang sejarah Alkitab yaitu selama 55 tahun (2 Raja-raja 21: 1). Sementara Zimri adalah raja tersingkat yang memerintah hanya 7 hari saja (1 Raja-raja 16: 15) dan Yoas adalah raja termuda yang diangkat di usia 7 tahun (2 Tawarikh 24: 1).

Fakta 4: Kitab Kejadian tidak pernah menyebutkan bahwa Adam dan Hawa memakan Apel, tetapi hanya disebutkan bahwa mereka memakan buah. Sementara kata Apel disebutkan 3 kali dalam Alkitab (Amsal 25: 1; Kidung Agung 2: 5; Kidung Agung 7: 8). Dan Pohon Apel juga disebutkan sebanyak 3 kali (Kidung Agung 2: 3; Kidung Agung 8: 5; Yoel 1: 12).

Fakta 5: Istilah “biji mataNya” atau “Apple of His eye” dalam Ulangan 32: 10. Mazmur 17: 8 dan Amsal 7: 2, di dalam bahasa Ibrani disebut dengan “iyshown” yang artinya “murid”.

 

Baca Juga: Kuis Alkitab: Tebak Tokoh Alkitab!

 

Fakta 6: Ada 4 makhluk yang dikirim sebagai bagian dari 10 tulah di Mesir yaitu katak, kutu, lalat dan belalang.

Fakta 7: Nama Daud disebutkan sebanyak 1139 kali di dalam Alkitab setelah nama Yesus. Sarah adalah wanita yang paling banyak disebutkan di dalam Alkitab (sebanyak 59 kali) lalu nama kedua terbanyak adalah Rahel yaitu 47 kali.

Fakta 8: Yesus tidak pernah sekalipun berkata “Aku mengasihimu” kepada murid-murid-Nya. Tetapi Dia menunjukkan kasih-Nya dengan tindakkan.

Fakta 9: Sebelum mengalami cobaan, Ayub adalah orang yang kaya raya yang memiliki 7000 domba, 3000 unta, 500 lembu dan 500 keledai betina (Ayub 1: 3).

 

Baca Juga: Tantangan Hari Ini! Bisakah Anda Melengkapi Ayat Alkitab Ini Tanpa Melihat Alkitab?

 

Fakta 10: Tidak seperti sekarang, orang yang meninggal di zaman Alkitab hampir selalu dikuburkan pada hari yang sama saat mereka meninggal.

Penasaran dengan fakta-fakta lainnya, nantikan di artikel berikutnya. 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada keluarga, teman dan orang terdekat Anda ya.

 

Tuhan Yesus Memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami