Berani Menyatakan Pendapat Tanpa Melukai Pasangan, Ternyata Membutuhkan Hal Ini
Sumber: Google

Marriage / 3 June 2023

Kalangan Sendiri

Berani Menyatakan Pendapat Tanpa Melukai Pasangan, Ternyata Membutuhkan Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
1451

Pernikahan yang sehat dimulai dari kesadaran kedua belah pihak bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Setiap individu memiliki kekurangan yang dapat menyebabkan kesalahan. Paham bahwa apa yang dianggap benar oleh satu orang belum tentu disukai oleh pasangan adalah langkah awal dalam membangun pernikahan yang sehat. Dalam pernikahan, tidak ada patokan yang kaku mengenai benar dan salah. Setiap hal dapat memiliki makna yang berbeda bagi masing-masing individu.

 

BACA JUGA: Menciptakan Pernikahan yang Harmonis, Jangan Lupa Lakukan Satu Hal Ini...

 

Kesadaran akan ketidaksempurnaan ini membawa pasangan untuk saling mengoreksi diri dan memberikan kritik dengan cara yang membangun, tanpa melontarkan kata-kata yang menyakitkan. Komunikasi yang baik menjadi kunci dalam menghindari kesalahpahaman di antara keduanya. Dengan demikian, pernikahan dapat berjalan dengan bahagia bagi kedua belah pihak. Kekuatan pernikahan tidak berasal dari dua individu yang memiliki kekuatan yang sama, melainkan dari dua individu yang bersedia terus belajar dan tumbuh bersama.

Di dalam pernikahan yang sehat, pasangan tidak merasa bahwa pendapat mereka selalu yang paling benar. Mereka menerima bahwa perbedaan pendapat dapat terjadi, dan dengan sikap terbuka dan kerendahan hati, mereka menghadapinya. Mereka belajar untuk mengatasi perbedaan dan menghadapi tantangan dalam pernikahan mereka. Melalui proses pembelajaran yang berkesinambungan, mereka dapat membangun pernikahan yang kuat dan harmonis.

Namun, mencapai kedewasaan dalam pernikahan bukanlah hal yang mudah. Dalam hubungan pernikahan, butuh kedewasaan untuk mendengarkan isi hati pasangan tanpa membela diri. Butuh kedewasaan untuk bicara tanpa menyerang dan menyakiti, terlebih saat hati kita sedang terluka. Kedewasaan adalah proses yang tidak gampang dan bahkan terkadang terasa malas dan melelahkan. Namun, minimal berjuanglah untuk bersikap dewasa dalam pernikahanmu. Karena pernikahan adalah hal yang terpenting.

 

BACA JUGA: Membangun Komunikasi dengan Pasangan Tak Berarti Harus Banyak Bicara, Begini Caranya...

 

Tanpa mengkomunikasikan isi hati dan pikiran, pasangan kita tidak akan pernah mengerti sudut pandang kita. Penting bagi pasangan untuk saling mendengar dan memahami satu sama lain. Komunikasi yang terbuka dan jujur membantu membangun kepercayaan di antara pasangan. Dengan saling berbagi isi hati dan pikiran, mereka dapat memperkuat ikatan emosional dan mengatasi masalah dengan lebih baik.

Perjalanan pernikahan yang sehat membutuhkan kesabaran, pengertian, dan komitmen dari kedua belah pihak. Tidak ada hubungan yang sempurna, namun dengan komunikasi yang baik dan sikap dewasa, pasangan dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik. Pernikahan yang bahagia dan harmonis adalah hasil dari kerja keras dan upaya bersama dalam membangun ikatan yang kuat.

Sumber : @rabbitholeid | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami