Menciptakan Pernikahan yang Harmonis, Jangan Lupa Lakukan Satu Hal Ini...
Sumber: www.pexel.com

Marriage / 22 May 2023

Kalangan Sendiri

Menciptakan Pernikahan yang Harmonis, Jangan Lupa Lakukan Satu Hal Ini...

Aprita L Ekanaru Official Writer
1291

Di dalam sebuah hubungan pernikahan, apresiasi memegang peranan yang penting. Apresiasi tidak hanya terbatas pada momen-momen besar atau saat menggapai prestasi yang gemilang, tetapi juga pada hal-hal sehari-hari yang terkesan biasa-biasa saja, bahkan kewajiban yang memang sudah dijalankan. Saling mengapresiasi dalam hal-hal seperti tersebut dapat menjadi sumber kekuatan yang menginspirasi.

Ketika kita merasa berjalan sendirian, beban hidup terasa begitu berat. Namun, apresiasi dari pasangan menjadi pengingat yang kuat bahwa kita tidak sendirian dalam menghadapi segala tantangan dalam pernikahan. Sebagai seorang ibu yang melakukan rutinitas yang sama setiap hari, terkadang kita merasa bosan dan meragukan apakah apa yang kita lakukan benar-benar berarti. Namun, saat mendapatkan apresiasi dari pasangan, semangat kita pun terkumpul kembali dan kita menyadari bahwa apa yang kita lakukan memiliki nilai yang berharga.

 

BACA JUGA: Suami, Kirimi 5 Pesan Sweet Ini ke Istri Dijamin Bikin Dia Bahagia!

 

Begitu juga dengan seorang ayah. Meskipun mendapatkan apresiasi dari luar seperti promosi jabatan atau bonus gaji, dia akan selalu mengingat bahwa perjuangannya memiliki tujuan yang lebih dalam dan lebih bersemangat dalam bekerja saat menerima apresiasi dari pasangan.

Kata-kata "makasih ya sudah berjuang untuk anak kita" yang dilontarkan oleh seorang suami memiliki kekuatan yang luar biasa. Tanpa kata-kata itu, seorang ibu akan tetap berusaha yang terbaik untuk kelahiran anaknya. Namun, kalimat tersebut mampu mengubah segalanya. Kalimat itu menjadi pengingat bahwa dirinya berharga, merasa diapresiasi, dan mengingatkan perjuangan yang telah dilalui. Hal itu juga menjadi penguat dalam menghadapi tantangan pengasuhan anak bersama-sama.

Apresiasi tidak hanya terbatas pada kata-kata pujian, tetapi dapat lahir dalam bentuk perhatian dan tindakan. Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda dalam saling mengapresiasi. Misalnya, suami yang memijat istri sambil mendengarkan curahan hatinya setelah seharian mengurus anak, atau istri yang menyempatkan waktu untuk memasak makanan favorit suami di tengah kesibukannya yang tak terduga.

Namun, jika apresiasi tidak disadari dan berubah menjadi tuntutan yang tidak langsung, situasi itu dapat menciptakan atmosfer yang tidak sehat dalam mengasuh anak. Situasi tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan cara yang sederhana, yaitu saling peduli dan mengapresiasi satu sama lain secara tulus.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab yang Bantu Semakin Eratkan Hubungan Suami Istri

 

Dengan saling mengapresiasi dalam bentuk yang sesederhana itu, kita akan membangun hubungan yang kuat dan saling menguatkan. Kita akan menjadi sumber inspirasi satu sama lain untuk menjalankan kewajiban dan menghadapi tantangan hidup dengan penuh semangat. Jadi, mari kita selalu ingat untuk saling mengapresiasi dalam setiap momen, karena dengan begitu kita akan menciptakan kehidupan pernikahan yang harmonis dan penuh kebahagiaan. 

Sumber : @rabbitholeid | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami