Tuhan Bekerja Melalui Kemauan Kita
Kalangan Sendiri

Tuhan Bekerja Melalui Kemauan Kita

Lori Official Writer
      1948

Fearless Faith Seri 8 Memahami Bagaimana Tuhan Bekerja Dalam Hidup Kita Melalui Iman Tanpa Rasa Takut 

 

Ayat Renungan: Filipi 2:13 "..karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya."

Setiap orang diberikan oleh Tuhan kehendak bebas atau "Free Will". Melalui kehendak bebas ini, kita memilih untuk melakukan apa yang kita anggap baik, apa yang kita rasakan benar, dan pada akhirnya akan menghasilkan sikap yang baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang sedang kita pikirkan. Pikiran kita memiliki kekuatan untuk mengendalikan perasaan kita, dan dari perasaan itu akan muncul tindakan. Tindakan tersebut kemudian akan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan itu akan menjadi tujuan dalam hidup kita.

Sangat penting bagi kita memiliki pikiran yang sejalan dengan Kristus dan hidup dalam rencana Tuhan. Kita harus sungguh-sungguh mencari dan mengenal kehendak Tuhan. Tiga hal ini akan membantu kita memiliki perasaan yang serupa dengan Allah, dan melalui perasaan tersebut, kita akan terdorong untuk menghasilkan tindakan yang baik.

Dalam Filipi 2:13, dikatakan, "..karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya." Artinya, Tuhanlah yang memungkinkan kita untuk menjalankan kemauan kita. Jika kita tidak menggunakan pikiran yang sejalan dengan Allah, maka kehendak-Nya tidak akan terwujud.

Ketika kita memiliki perasaan yang sejalan dengan Allah, kita akan terdorong untuk bertindak demi kebaikan sesama. Ketika kita melihat seseorang yang membutuhkan bantuan, kita akan tergerak untuk menunjukkan belas kasihan dan memberikan pertolongan. Atau ketika kita melihat seorang teman yang sedang mengalami kesulitan, kita akan menawarkan solusi dan dukungan kepada mereka. Kita tidak akan mampu melakukan semua ini tanpa campur tangan Tuhan dalam hidup kita.

Tuhan akan menggunakan kemauan kita untuk melaksanakan kehendak-Nya. Dia akan memanfaatkan hidup kita untuk mengerjakan tugas-Nya, sehingga orang lain dapat diselamatkan, disembuhkan, dan dipulihkan melalui hidup kita.

 

Action: Undang Roh Kudus untuk bekerja di dalam hidupmu berikan ruang bagi Dia untuk mengarahkan hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya.

Ayat Hafalan: Filipi 4: 13, Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami