Pentingnya Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya
Kalangan Sendiri

Pentingnya Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

Lori Official Writer
      2417

Fearless Faith Seri 8 Memahami Bagaimana Tuhan Bekerja Dalam Hidup Kita Melalui Iman Tanpa Rasa Takut 

 

Ayat Renungan: 

Yohanes 14: 26, “…tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Setelah kenaikan Yesus ke Surga, Dia memberikan perintah untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya dan membaptis mereka dalam nama Bapa, anak dan Roh Kudus. Untuk mengerjakan tugas ini, kita tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan penolong dan Tuhan tahu bahwa kita sangat memerlukan-Nya. Sehingga Dia mengutus seorang penolong yaitu Roh Kudus. 

Dalam Yohanes 14: 26 disampaikan, “…tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Di dalam kehidupan, pasti ada tantangan yang akan kita hadapi dan kita memerlukan solusinya karena kita tidak akan bisa menyelesaikannya sendiri. Itu sebabnya, Tuhan mengirimkan seorang penolong yaitu Roh Kudus. 

Roh Kudus membantu kita untuk mengingat kebenaran firman Tuhan. Saat kita mengingatnya maka hati kita akan bersukacita dan sikap kita akan lebih positif. Selain itu, Roh Kudus juga bisa menjadi perantara untuk menyampaikan isi hati dan pikiran Allah kepada kita. Semakin kita peka dengan Roh Kudus, semakin kita mudah untuk memahami isi hati dan pikiran Tuhan. 

Yohanes 16: 13 juga menyampaikan peran Roh Kudus berikutnya yaitu sebagai penuntun di dalam kebenaran. Demikian disampaikan, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” Kita sudah berada di pertengahan tahun dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan. Tapi kita sangat beruntung punya Roh Kudus karena Dia bisa memberitahukan kepada kita hal-hal yang akan datang.

Hari ini mari dekatkan diri kita kepada Roh Kudus melalui doa. Berbicaralah kepada-Nya karena Dia Allah yang mendengarkan.

 

Action: Ambil waktu teduh pagi ini dan renungkan beberapa menit ayat dari Yohanes 14: 26 dan mintalah supaya Roh Tuhan menuntunmu sepanjang hari ini.

Ayat Hafalan: Filipi 4: 13, Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami