Bangun Tidur Minumlah Air Hangat! Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sumber: tribunnews.com

Health / 27 May 2023

Kalangan Sendiri

Bangun Tidur Minumlah Air Hangat! Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bella Tiurma Official Writer
794

Ketika seseorang tidur, maka tubuh tidak akan mendapatkan cukup cairan. Hal ini diperkuat dengan yang dirasakan setiap orang setelah bangun tidur adalah merasa haus. Biasanya seseorang untuk menghilangkan rasa hausnya dengan meminum minuman manis, tetapi ada baiknya kalau kita mengkonsumsi air putih. 

Minum air putih di pagi hari, terkhusus setelah baru bangun tidur adalah sebuah kebiasaan yang telah dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, belum banyak orang yang mengetahui bahwa meminum air hangat di pagi hari memiliki begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Namun, tak sedikit dari masyarakat sudah memiliki kebiasaan mengkonsumsi air hangat di pagi hari. Sudahkah Anda membiasakan diri untuk meminum air hangat di pagi hari? Bingung  manfaat apa saja yang akan di dapat? Yuk simak 8 manfaat bagi kesehatan meminum air hangat di pagi hari.

Baca Juga : Teruntuk Penyuka Air Dingin. Ini Nih Manfaat Pentingnya Minum Air Hangat. Beralihlah!

1. Meredakan Batuk Berdahak 

Bagi seseorang yang sedang mengalami batuk berdahak, dengan meminum air hangat di pagi hari sangatlah bermanfaat untuk meredakannya. Dimana batuk yang dirasakan merupakan respon alami yang diberikan tubuh untuk mengeluarkan kuman ataupun benda asing yang ada di saluran pernapasan, Dengan dihasilaknnya lendir guna mempermudah proses pengeluarannya, inilah sebabnya seseorang menderita batuk berdahak. 

Oleh karena itu, dengan membiasakan meminum air hangat di pagi hari mampu menjadi salah satu cara alami dalam meredakan batuk berdahak. Karena dengan air hangat, mampu mengencerkan dahak, sehingga dahak mudah untuk dikeluarkan. 

2. Meredakan Hidung Tersumbat 

Selain meredakan batuk berdahak, minum air hangat di pagi hari juga membantu meredakan hidung tersumbat. Terkhusus bagi seseorang yang sedang mengalami flu atau pilek. Hal ini dapat terjadi karena air hangat akan mengeluarkan uap sehingga dapat dihirup dan melegakan saluran pernapasan. 

Tak hanya itu, uap pada air hangat juga memberikan efek pada otot dalam rongga sinus lebih rileks dan lendir yang terjebak di dalam dapat dengan mudah di keluarkan 

3. Mencegah Dehidrasi 

Dengan meminum air hangat di pagi hari, seseorang dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Meskipun pada kenyataannya, dengan meminum air putih pada suhu apapun tetap dapat menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Oleh karena itu, dalam menjaga kebutuhan cairan pada tubuh tetap aman, seseorang dianjurkan untuk membiasakan diri meminum air putih setelah bangun tidur.

Baca Juga : 

4. Penetral Racun 

Berdasarkan penelitian telah dinyatakan bahwa dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan air putih dapat melindungi ginjal dan mengencerkan racun yang terkandung dalam darah. Meskipun dalam penelitian tidak disertakan anjuran yang baik terkait suhu dan waktu, seseorang dapat menerapkan kebiasaan meminum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

5. Sistem Pencernaan Menjadi Lancar 

Hanya dengan segelas air putih hangat di pagi hari, seseorang dapat terbantu untuk melancarkan sistem pencernaannya. Karena dengan air hangat memiliki kemungkinan mampu melarutkan makanan yang sulit dicerna oleh usus. 

6. Mengatasi Sembelit 

Tak hanya melancarkan sistem pencernaan, dengan kebiasaan meminum air putih hangat di pagi hari, seseorang dapat terbantu untuk mengatasi sembelit. Dimana kondisi sembelit pada umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan yang masuk dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu, dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan air hangat dapat melunakkan feses dan lebih mudah untuk dikeluarkan. 

7. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf 

Kurangnya minum air putih dapat memberikan dampak negatif pada tubuh seseorang, tanpa terkecuali akan berdampak pada sistem saraf yang mampu mempengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih dengan suhu apapun sangat membantu kinerja kognitif otak. 

8. Mengurangi Rasa Dingin di Tubuh

Ketika tubuh merasa dingin, maka respon alami yang ditimbulkan adalah seseorang menjadi menggigil dan gigi beradu dengan sendirinya. Sehingga untuk menguranginya, pada umumnya seseorang akan mencari minuman hangat. Oleh karena itu, dengan membangun kebiasaan di pagi hari dengan meminum air putih, maka seseorang dapat mengurangi respon tubuh ketika kedinginan setelah bangun tidur, terutama disaat cuaca yang sangat dingin.

Sumber : merdeka.com | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami