Kepergian Sosok Terkasih Romo Gusti Iri Meninggalkan Kehampaan dalam Komunitas Umat Katolik
Sumber: canva.com

News / 23 May 2023

Kalangan Sendiri

Kepergian Sosok Terkasih Romo Gusti Iri Meninggalkan Kehampaan dalam Komunitas Umat Katolik

Wisnu Prianggani Contributor
1635

Kepergian Rohaniwan Katolik Dioses Larantuka, RD Agustinus Siswani Iri, atau Romo Gusti Iri, telah menyisakan kesedihan yang mendalam dalam komunitas umat Katolik. Romo Gusti adalah sosok yang dihormati dan dicintai oleh banyak orang karena pelayanannya yang penuh semangat dan pengabdian kepada Tuhan dan umat-Nya. Namun, pada Minggu, 21 Mei 2023, takdir berkata lain saat Romo Gusti mengalami kecelakaan tunggal yang tragis di Kelurahan Lokea, Flores Timur.

Setelah kecelakaan terjadi, Romo Gusti segera dilarikan ke RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka dalam kondisi kritis. Meskipun tim medis berusaha keras untuk menyelamatkannya, nyawa imam muda tersebut akhirnya pergi untuk selamanya. Kabar duka tersebut mengejutkan dan menyisakan rasa tidak percaya bagi umat Katolik Dioses Larantuka.

 

Baca Juga: Peresmian GKPB Jemaat Philadelphia Sebagai Bentuk Komitmen Program Bupati Giri Prasta

 

Romo Gusti merupakan seorang imam yang cerdas dan penuh semangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar iman. Ia selalu dinantikan oleh umat saat memimpin misa dan memberikan khotbah yang menginspirasi. Kepergiannya yang mendadak meninggalkan duka yang mendalam, tidak hanya bagi keluarga dan rekan-rekannya, tetapi juga bagi umat Katolik secara keseluruhan.

Sebelum tragedi ini terjadi, Romo Gusti baru saja kembali dari kampung halamannya di Boru, Kecamatan Wulanggitang. Ia ingin berpamitan dengan keluarganya sebelum memulai perjalanan menuju Jakarta, di mana ia berencana melanjutkan studi magister hukum. Namun, takdir berkata lain, dan rencana tersebut terpaksa harus ditunda selamanya.

Berita tentang meninggalnya Romo Gusti menyebar dengan cepat di kalangan umat Katolik. Para umat mengekspresikan dukanya melalui berbagai platform media sosial, termasuk WhatsApp dan Facebook. Mereka menuliskan ucapan belasungkawa, kenangan indah, dan doa-doa bagi roh Romo Gusti yang telah berpulang ke hadirat Tuhan.

Bagi umat Katolik Dioses Larantuka, kepergian seorang rohaniwan merupakan kehilangan yang sangat dirasakan. Romo Gusti adalah sosok yang memberikan teladan dan memperkuat iman mereka melalui khotbah-khotbahnya yang inspiratif. Kehadirannya dalam setiap misa dan kegiatan rohani sangat berarti bagi perkembangan iman dan spiritualitas umat.

 

Baca Juga: Pesparani Nasional Katolik Tingkat III sebagai Sarana Kebersamaan dan Keberagaman

 

Misa pelepasan Kirab Salib IYD di Gereja Paroki Maria Ratu Semesta Alam Hokeng menjadi momen terakhir bagi umat Katolik untuk bertemu dengan Romo Gusti. Mereka merasa beruntung dapat berbagi momen tersebut dan mendapatkan berkat dari sosok imam yang penuh kebijaksanaan dan kasih.

Kepergian Romo Gusti meninggalkan kehampaan dalam komunitas Katolik. Namun, umat saat ini percaya bahwa rohnya sekarang berada dalam kedamaian abadi di sisi Tuhan. Keluarga yang ditinggalkan Romo Gusti diberi kekuatan dan penghiburan dalam menghadapi cobaan ini. Umat Katolik Dioses Larantuka akan selalu mengenang jasa-jasa dan keteladanan Romo Gusti, serta menjaga warisan rohaninya agar terus hidup dan menginspirasi generasi mendatang.

Halaman :
1

Ikuti Kami