Waspadalah 6 Hal ini yang Diinginkan Iblis Melebih Apapun Terhadap Manusia [Part 2]
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 16 May 2023

Kalangan Sendiri

Waspadalah 6 Hal ini yang Diinginkan Iblis Melebih Apapun Terhadap Manusia [Part 2]

Bella Tiurma Official Writer
1472

Sebelum melanjutkan membaca kelanjutan dari 6 hal yang diinginkan iblis melebihi apapun terhadap manusia, Anda bisa membaca bagian pertamanya disini

4. Membuat Setiap Manusia Hidup dalam Rasa Malu di Hadapan Tuhan 

Ketika seseorang teringat akan kelalaian masa lalu atau keadaan yang tidak aman yang dirasakan saat ini merupakan rancangan lain dari iblis untuk menjerumuskan setiap orang ke dalam rasa malu. Dalam kehidupan manusia tanpa iman percaya pada Tuhan, iblis tentu dengan mudah membuat setiap orang yakin bahwa kehidupan masa lalu yang buruk telah mengeluarkan kita untuk tidak dapat menerima kasih atau anugerah Tuhan dan tidak akan menerima Firman Tuhan secara penuh. 

Disaat manusia sadar bahwa dirinya hanya menerima sebagian berkat dari Firman Tuhan, maka seseorang akan dilingkupi rasa bersalah, kalah, bahkan frustasi. Hal ini akan membuat seseorang hanya berfokus pada dirinya sendiri atau bahkan membuat teringat secara terus menerus segala kesalahan yang telah dilakukan. 

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh iblis dan membuat setiap manusia merasa bahwa dirinya tidak lagi layak untuk menyembah Tuhan, melakukan segala sesuatu yang Tuhan ajarkan, ataupun menerima janji-janjiNya. Terlebih lagi rasaa malu yang ada di dalam diri setiap orang akan menghalangi untuk berdoa, bahkan seseorang sulit untuk membagikan Injil kepada orang lain.

Baca Juga : Iblis Juga Punya Mukjizat Sendiri, Jangan Mudah Percaya!

Rasa malu yang telah menyelimuti diri seseorang akan membuat kita mengasihani diri sendiri dan tidak akan pernah bisa berjalan dalam kedamaian Tuhan. Namun, ketika setiap umat Kristiani mau untuk berpaling dari keinginan dosa dan berjalan menuju kasih Tuhan, maka Dia akan menunjukkan kepada seluruh umatNya cara menjalani hidup yang bermanfaat dan bebas dari penghakiman dunia. 

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” - 1 Yohanes 1 : 9 

“Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” - Roma 8 : 1 

5. Membuat Umat Kristiani Menyembah Idolanya 

Bentuk berhala dapat berbentuk apa saja yang ditempatkan lebih tinggi dari Tuhan. Walaupun dari sekian banyak umat Kristiani tidak memiliki anak lembu emas atau patung Yesus yang dipuji, tetapi masih banyak berbagai bentuk berhala yang mampu mengambil tempat di dalam hati seseorang. 

Melalui pemujaan pada artis favorit seseorang, menghabiskan begitu banyak waktu di media sosial, sampai menjalani hidup yang hanya berfokus pada diri sendiri, inilah bentuk yang dapat dilihat oleh setiap orang bahwa kita mampu menjadikan apapun sebagai idola. Hal ini menunjukkan bahwa iblis jauh lebih pintar, meskipun caranya tidak langsung terwujud tetapi mampu membuat kehidupan seseorang menuruti kehendaknya. 

Tak hanya itu, segala sesuatu yang kita lakukan dalam jangka waktu yang panjang untuk dipuja dan terlihat baik di luar akan berubah. Secara tiba-tiba semuanya itu menjadi sesuatu yang membuat seseorang menjadi terobsesi dan menjadikannya fokus utama dalam hidup kita. 

Sehingga apa yang diawali sebagai sesuatu hal yang positif, tak lama kemudian akan membuat seseorang memprioritaskan hal-hal itu lebih dari kita harus melihat kepada Tuhan. Meskipun Tuhan menginginkan setiap umatNya untuk memiliki hal-hal yang baik, tetapi sebagai manusia tidak akan pernah bisa menyembahnya lebih dari yang memberikan pada kita.

Baca Juga : 7 Serangan Iblis yang Sering Terjadi dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh karena itu, setiap umat Kristiani harus mampu meletakkan segala kepentingan dan hidupnya di atas apapun yang Tuhan arahkan pada kita, terkhusus jika hal itu menghalangi jalan hidup yang diserahkan pada Tuhan. 

“Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.” - Keluaran 20 : 3 – 6 

6. Masuk ke Dalam Tipu Daya Iblis 

Dalam kehidupan manusia tidak ada yang lebih penting bagi umat Kristiani selain hidup dalam Firman Tuhan. Namun, pada kenyataannya saat ini tak jarang seseorang akan merancang segala cara untuk Firman Tuhan sesuai dengan gaya hidupnya, dibandingkan dengan merancang gaya hidup kita sesuai dengan Firman Tuhan. Hal ini lah bentuk dari tipu daya iblis yang mampu membuat umat Kristiani menjadi pemilih atas aspek mana dari Alkitab yang bisa membuat merasa baik saja. 

Iblis akan terus membuat segala cara bagi umat Kristiani untuk melihat keinginan daging saja dan konsep moralitas sebagai hasil dari kebenaran semata, dibandingkan mencari kehidupan yang mengikuti Roh Kudus.  

Banyak hal yang menjadikan setiap orang seperti Hawa yang hanya ingin menerima sebagian dari Firman Tuhan saja dan lebih mengutamakan kehendak diri sendiri daripada kehendak Tuhan. Iblis mampu untuk membuat setiap umat Kristiani menjadi suam-suam kuku dan menjadi munafik atas imannya. Bahkan iblis dapat menyebabkan banyak orang tidak mau lagi mengikuti Tuhan Yesus.

Baca Juga : Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 2/2)

“Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.” - 2 Timotius 4 : 3 - 4 

Oleh karena itu, setiap umat Kristiani harus mengingat bahwa iblis mampu melakukan apa saja untuk menimbulkan kebingungan. Sehingga sebagai umat Kristiani harus mengetahui bahwa apapun yang dipercaya yang nyata bertentangan dengan Firman Tuhan adalah wujud dari tipu daya iblis pada kita. Janganlah setiap orang memberikan lebih banyak kekuatan atas pikiran dan tindakan kita dan berpegang teguhlah sepenuhnya dalam Firman Tuhan di dalam hidup.

Halaman :
1

Ikuti Kami