Siapa Saja Sebenarnya Saudara-saudara Tuhan Yesus?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 15 May 2023

Kalangan Sendiri

Siapa Saja Sebenarnya Saudara-saudara Tuhan Yesus?

Wisnu Prianggani Contributor
1375

Apakah Anda pernah mendengar informasi bahwa Yesus memiliki saudara? Empat orang laki-laki, yakni Yakobus, Yoses, Simon, dan Yudas disebutkan sebagai saudara atau kerabat Yesus. Kebenaran ini tercatat dalam Matius 13:55, “Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?” dan Markus 6:3, “Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.”

Telah banyak diskusi selama berabad-abad mengenai kepastian hubungan antara orang-orang yang disebutkan dalam ayat Alkitab tersebut dengan Yesus. Apakah Yesus benar-benar memiliki saudara kandung? Ada beberapa pandangan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, yakni saudara kandung tiri Yesus berasal dari putra-putra Yusuf dan Maria, atau sepupu Yesus dari pihak ibu atau dari pihak Yusuf.

 

Baca Juga: Berapa Usia Maria Saat Mengandung Bayi Yesus?

 

Alkitab menuliskan bahwa saudara-saudara Yesus pergi bersama dengan Yesus dan ibunya ke Kapernaum setelah pernikahan di Kana, Yohanes 2:12, “Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum, bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja.”

Kemudian, Maria dan saudara-saudaranya mencari kesempatan untuk bertemu dengan Yesus di Matius 12:46-50, “Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: ”Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.” Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: ”Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?” Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: ”Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Menjelang akhir pelayanan Yesus, saudara-saudaranya mendesak Yesus untuk membuktikan bahwa Ia adalah Mesias, yang mereka ragukan di Yohanes 7:3-5, “Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: ”Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan.”

Sebab tidak seorang pun mereka yang berpendapat bahwa saudara-saudara Yesus adalah sepupu dari pihak ibu atau dari pihak Yusuf, menunjukkan bahwa pada waktu itu, istilah "saudara" digunakan untuk merujuk pada anggota keluarga yang lebih luas, dan bukan hanya saudara kandung. Selain itu, mereka juga menunjukkan bahwa Maria selalu disebut sebagai ibu Yesus, namun tidak ada catatan yang menyebutkan bahwa Maria memiliki anak selain Yesus.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Saudara-saudara Kandung Yesus

 

Namun, pandangan lain menyatakan bahwa saudara-saudara Yesus adalah saudara kandung tiri Yesus. Mereka berargumen bahwa penggunaan kata "saudara" dan "saudari" dalam Alkitab seharusnya diartikan secara harfiah, dan bahwa Maria kemudian memiliki anak selain Yesus setelah kelahiran-Nya.

Dalam hal ini, tidak ada jawaban yang pasti mengenai hubungan antara Yesus dengan saudara-saudaranya. Namun, penting untuk diingat bahwa diskusi ini tidak merubah pentingnya peran Yesus dalam kepercayaan Kristen. Yesus tetap diakui sebagai Putra Allah, yang datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa dan memberikan pengampunan dan kehidupan yang kekal kepada mereka yang percaya padanya.

Halaman :
1

Ikuti Kami