Kasih Agape, Kasih Tanpa Syarat dari Tuhan
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 10 May 2023

Kalangan Sendiri

Kasih Agape, Kasih Tanpa Syarat dari Tuhan

Wisnu Prianggani Contributor
1809

Kita semua tahu bahwa kata cinta atau lebih sering dikenal sebagai kasih sering digunakan di kalangan orang Kristen, dalam bahasa Yunani yang digunakan saat Perjanjian Baru ada empat makna kata kasih yang berbeda dan masing-masing menggambarkan sikap dan penerapan yang spesifik. Kasih “agape” adalah salah satunya dan jika Anda belum tahu, kata ini merujuk pada kasih tanpa syarat dan mendalam dari Tuhan terhadap manusia.

Mengapa ada kata khusus yang digunakan untuk kata kasih? Dalam bahasa Inggris, kita hanya memiliki satu kata untuk kasih atau cinta yaitu “Love”. Kata ini bisa berarti banyak hal mulai dari mencintai pasangan Anda hingga mencintai barang atau kegiatan yang membuat Anda bahagia. Kasih agape tentu saja berbeda.

 

Baca Juga: Makna Cinta Kasih Dalam Hubungan Komunitas Kristiani

 

Kata "agape" muncul sekitar 116 kali di dalam Alkitab Perjanjian Baru. Ini adalah kata Yunani yang digunakan untuk menggambarkan kasih yang tanpa syarat dan tulus, kasih yang Allah tunjukkan kepada manusia melalui Yesus Kristus. Dalam Perjanjian Baru, kata "agape" seringkali digunakan untuk menggambarkan hubungan antara manusia dan Allah, serta hubungan antara sesama manusia yang dipengaruhi oleh kasih Allah.

Menurut 1 Yohanes 4:8, yaitu “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.” Kata kasih di sini adalah agape. Ayat ini juga mengatakan bahwa yang tidak mengasihi atau seseorang yang tidak merespons dengan kasih yang mendalam sebenarnya tidak mengenal makna yang dalam mengenai persahabatan atau kasih keluarga.

Jika membahas mengenai kasih Allah yang tanpa syarat, perjanjian lama juga banyak membicarakan kasih Allah yang digambarkan sebagai lengan yang terentang, seperti ada tertulis di dalam Ulangan 26:8, yaitu “Lalu TUHAN membawa kami keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung, dengan kedahsyatan yang besar dan dengan tanda-tanda serta mujizat-mujizat” Itu menjadi gambaran dari Allah yang selalu melindungi umat yang dikasihi-Nya.

Lalu apa hubungannya mengetahui semua ini dengan kita sebagi orang-orang percaya? Tentu saja karena kita semua berurusan dengan "kasih" di dalam hidup kita, terlepas dari bagaimana kita menggunakan atau menerapkan kata itu, identitas kita sebagai orang-orang percaya adalah kasih. Pengikut Kristus diingatkan untuk dapat memahami kasih Allah dengan menerimanya dengan sikap agape.

 

Baca Juga: Bukti Kasih Untuk Tuhan, Memilih Mengasihi Orang Lain

 

Di dalam kehidupan sehari-hari kita semua mungkin setuju jika jenis kasih yang paling tinggi adalah kasih Tuhan terhadap manusia yang mencakup kasih universal tanpa syarat yang melampaui jenis kasih apapun. Hanya Tuhan sendiri yang memiliki 100% cinta agape dan Dia akan membantu orang-orang yang ingin menerimanya dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Percayalah, Tuhan sanggup dan siap membantu siapa saja yang meminta kasih agape tersebut di hati dan hidup mereka. Selain itu, jika saat ini Anda membutuhkan layanan dukungan doa hubungi kami Konseling Center CBN di 0811 9914 240 atau Whatsapp 0822 1500 2424 (24 jam setiap hari).  

Halaman :
1

Ikuti Kami