Keberanian Yosua yang Berasal Dari Tuhan
Kalangan Sendiri

Keberanian Yosua yang Berasal Dari Tuhan

Lori Official Writer
      5484

Fearless Faith Seri 5: Contoh orang-orang yang memiliki iman tanpa rasa takut.

 

Ayat Renungan:

Yosua 1: 9, "Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

Filipi 4: 13, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." 

Yosua adalah salah satu tokoh Alkitab yang memperlihatkan keberanian dan iman yang kuat tanpa rasa takut. Sebelum Musa meninggal, Yosua ditunjuk untuk menggantikannya sebagai pemimpin bangsa Israel. Tugasnya tidak mudah, ia harus memimpin bangsa Israel ke Tanah Perjanjian yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Namun, Yosua memilih untuk mempercayai Tuhan dan mengikuti rencana-Nya dengan setia. 

Di Yosua 1:9, Tuhan memberikan janji bahwa Ia akan menyertai dan memberikan Yosua keberanian kemanapun ia akan melangkah. Hal ini memberikan Yosua kepercayaan dan keyakinan untuk terus maju menghadapi segala rintangan dan tantangan yang ada di depannya. Keberanian yang berasal dari Tuhanlah yang memampukannya memimpin bangsa Israel merebut kota Yerikho. Meskipun kota tersebut sangat kuat dan sulit untuk direbut, Yosua memilih untuk mempercayai Tuhan dan mengikuti rencana-Nya dengan setia. Ia dan pasukannya mengelilingi kota selama tujuh hari, dan pada hari ketujuh, dinding kota itu runtuh dan bangsa Israel dapat merebut kota tersebut. 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, tentu ada banyak rintangan dan tantangan yang kita hadapi. Kita bisa belajar dari keberanian dan iman Yosua, yaitu kita harus mempercayai Tuhan sepenuhnya dan mengikuti rencana-Nya dengan setia. Seperti yang tertulis dalam Filipi 4:13, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." 

 

Action: Perkatakan firman Tuhan hari ini kepada dirimu dan minta Roh Kudus untuk memberikanmu keteguhan iman untuk menghadapi setiap rasa takut dengan iman. 

Ayat Hafalan: Ulangan 31:6-8, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Ikuti Kami