8 Kunci Rahasia Bagi Kamu Untuk Menemukan Kedamaian Setelah Perpisahan (Part 1)
Sumber: idntimes.com

Marriage / 3 May 2023

Kalangan Sendiri

8 Kunci Rahasia Bagi Kamu Untuk Menemukan Kedamaian Setelah Perpisahan (Part 1)

Bella Tiurma Official Writer
1569

Peristiwa perceraian biasanya dapat mengubah hidup seseorang, dapat menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk. Seperti menjadi pribadi yang tersesat, merasa sendiri, dan pribadi yang emosional. Terkadang perceraian dapat menjadi salah satu momen yang menyakitkan, kesedihan, kemarahan, setres hingga depresi. 

Perceraian dapat terjadi oleh beberapa faktor, seperti perselingkuhan, ekonomi, perbedaan visi misi atau prioritas, dan perilaku kasar secara verbal maupun non-verbal. Ketika seseorang mengalami perceraian tentu menginginkan sebuah kedamaian dalam hidupnya, ada keinginan untuk sembuh dari luka hati, dan memulihkan keseimbangan emosi. 

Dampak yang disebabkan oleh perceraian sangat berpengaruh, terutama dalam hal spiritual dan emosional. Hal ini dpat terjadi karena kehilangan sebuah hubungan yang sangat bermakna terutama dalam hubungan pernikahan, dapat berpengaruh besar yang memungkinkan untuk menghancurkan secara emosional setiap pasangan. 

 

Baca Juga: 4 Cara Tuhan Bekerja dalam Hidup Melalui Perpisahan

 

Oleh karena itu, pentingnya setiap pasangan yang telah melewati masa perceraian perlu untuk menemukan sebuah kedamaian, supaya memiliki kehidupan yang sejahtera dan sehat secara emosional . Berikut 8 kunci rahasia untuk menemukan kedamaian setelah badai perceraian menghampiri. 

1. Merenungkan Firman Tuhan 

Berdasarkan Firman Tuhan, setiap umat Kristiani yang menaruh segalanya rasa yang dirasakan dalam Tuhan akan mendapatkan kesembuhan dari rasa sakit ataupun patah hati melalui iman percaya. 

Ketika setiap pasangan mengalami badai perceraian, tentu sangat memerlukan penghiburan. Dimana penghiburan utama akan didapat oleh setiap orang melalui suara Tuhan dan merenungkan FirmanNya. 

Melalui perenungan Firman Tuhan yang merupakan sebuah pedoman dalam membimbing dan sebagai alat penghiburan di masa-masa sulit. Seperti yang tertulis dalam Mazmur 34 : 18 “Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.” Dari ayat ini umat Kristiani diingatkan bahwa kita tidak sendirian, Tuhan selalu bersama kita, dan disaat-saat terpuruk Tuhan selalu menyertai menawarkan penghiburan dan dukungan. 

2. Melakukan Pengampunan Sejati 

Dalam menemukan sebuah kedamaian setelah perceraian, setiap pasangan dapat melakukan sebuah pengampunan. Dimana dalam pengampunan ini tidak hanya sekedar melepaskan kemarahan atau kebencian terhadap mantan pasangannya, namun dapat memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang mungkin saja dilakukan selama pernikahan. 

Hal ini juga telah tertulis dalam doa yang diajarkan pada setiap umat Kristiani, yaitu Doa Bapa Kami. Dimana dalam Matius 6 : 12 mengatakan bahwa “dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;” Ketika setiap pasangan dapat saling mengampuni dan melepaskan dari emosi negatif, maka setiap pasangan yang telah melewati perceraian dapat membuka diri untuk menerima penyembuhan dan menemukan kesejahteraan secara emosional. 

 

Baca Juga: Saat Istrimu Katakan Cerai Kepadamu, Para Suami Lakukanlah 4 Hal Ini

 

3. Mencari Dukungan 

Tahap dalam menemukan kedamaian setelah badai perceraian pun juga bisa dihasilkan dari sebuah dukungan yang diberikan oleh keluarga, teman, ataupun tenaga ahli seperti pendeta dan konselor yang bisa membantu. 

Segala sesuatu akan ada waktunya terjadi terhadap setiap umat Kristiani, baik waktu merasakan bahagia ataupun kesedihan. Bahkan kesembuhan dari rasa sakit pun juga memiliki waktunya tersendiri. Sehingga setiap hal yang menjadi pergumulan setiap orang tidak dapat dijadikan sebuah kesimpulan bahwa hal itu menjadi akhirnya. Seperti yang tertulis dalam Pengkhotbah 3 : 1 “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.” 

4. Tidak Meremehkan Kekuatan Doa 

Kekuatan doa adalah salah satu kunci untuk menemukan kedamaian dan kesejahteraan emosi setelah melewati perceraian. Melalui doa setiap umat Kristiani dapat terhubung dengan Tuhan untuk menceritakan apa yang dirasakan dan menyampaikan keinginan yang ada. 

Penyembuhan yang berasal dari doa dan perenungan akan Firman Tuhan setelah badai perceraian akan mendapatkan pemulihan yang sesungguhnya. Pemulihan dalam hubungan dengan Tuhan yang mampu memberikan arah supaya setiap pasangan yang telah bercerai dapat menemukan makna dan tujuan hidup selanjutnya. 

Inilah 4  dari 8 kunci rahasia bagi kamu untuk menemukan kedamaian setelah badai menghampiri. Ingin tahu empat kunci lainnya? Nantikan pembahasannya di artikel selanjutnya ya!

Halaman :
1

Ikuti Kami