Ini Pesan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Hari Pendidikan Nasional 2023
Sumber: Jawaban.com

News / 2 May 2023

Kalangan Sendiri

Ini Pesan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Hari Pendidikan Nasional 2023

Lori Official Writer
1909

Setiap 2 Mei, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Sesuai dengan tema yang diangkat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membagikan tentang peran para pendidik di dalam mencerdaskan kehidupan generasi bangsa.

Melalui pidato Hardiknas 2023 yang dipublikasikan di laman Kemdikbud, Nadiem menyampaikan bahwa tiga tahun terakhir akibat pandemi telah mendorong pemerintah membuat gebrakan di bidang pendidikan. Dan di tahun ini, Kemendikristek telah meluncurkan kurikulum pembelajaran sebanyak 24 episode yang diberi tajuk Merdeka Belajar. 

 

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini yang Wajib Kamu Ketahui

 

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan dan kebahagiaa yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ungkap Nadiem.

Melalui platform Merdeka Mengajar, para pendidikan bisa menilai pembelajaran anak secara lebih holistik dan mereka juga bisa lebih bebas berinovasi di kelas. 

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” terangnya.

Selain itu, Nadiem juga menyinggung tentang kehadiran Kampus Merdeka dalam menunjang pendidikan tinggi negeri, seperti yang sebelumnya sudah diterapkan di sekolah-sekolah formal melalui Kurikulum Merdeka. “Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya berlajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” jelasnya.

 

Baca Juga: Memberikan Pendidikan Moral pada Anak Sejak Dini, Begini Caranya...

 

Nadiem juga berharap, Hari Pendidikan Nasional 2023 ini perlu disyukuri sebagai refleksi dari hasil tantangan yang sudah dilewati bersama di tiga tahun belakangan ini. Meski begitu, masih banyak tantangan ke depan yang perlu dihadapi karena itu dia mengajak setiap pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya serta peserta didik di seluruh Nusantara bisa tetap fokus dan berjuang agar semua generasi bangsa bisa mengalami kemerdekaan di dalam belajar dan bercita-cita.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” pungkasnya.

Halaman :
1

Ikuti Kami