Hindari Macet Arus Balik, Jasa Marga Berikan Tarif Diskon di Beberapa Ruas Jalan Tol
Sumber: Kompas.com

News / 26 April 2023

Kalangan Sendiri

Hindari Macet Arus Balik, Jasa Marga Berikan Tarif Diskon di Beberapa Ruas Jalan Tol

Aprita L Ekanaru Official Writer
1516

Kemenhub telah memprediksi arus balik mudik tahun ini akan diikuti oleh 203.000 kendaraan setiap harinya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau agar masyarakat dapat melakukan perjalanan balik sebelum atau sesudah tanggal 24 dan 25 April 2023, hal ini guna menghindari kemacetan di jalan raya. Kedua hari tersebut diprediksi akan menjadi puncak dari arus balik Lebaran tahun ini. 

 

BACA JUGA: Biar Perjalanan Mudik Menyenangkan, Jaga Kesehatan Anda dengan 8 Tips Kesehatan Ini Ya!

 

Sebagai alternatif, Menhub mengusulkan agar perjalanan mudik dilakukan pada tanggal 26 hingga 29 April, karena diprediksi tanggal 30 April dan 1 Mei juga akan mengalami puncak arus balik kedua.

Menhub telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemda Jateng, Polda Ditlantas Jateng, dan rekan-rekan media untuk menggencarkan sosialisasi, agar masyarakat melakukan perjalanan balik pada tanggal yang telah disarankan.

Para pengelola jalan tol dan operator transportasi juga telah dikoordinasikan untuk memberikan diskon tarif pada tanggal-tanggal tertentu setelah puncak arus balik.

“Jasa Marga akan memberikan diskon tarif tol 20 persen tanggal 27-29 April di beberapa ruas tertentu. Saya dengar Badan Usaha Jalan Tol lainnya juga akan berikan diskon. Terkait usulan ini saya akan laporkan ke Presiden untuk mendapatkan keputusan final,” tutur Budi.

Bagi para pemudik dengan menggunakan transportasi umum, Budi meminta agar tidak perlu merasa khawatir. Sebab tiket balik selain di tanggal puncak arus balik masih tersedia dan dapat dibeli.

 

BACA JUGA: 6 Tips Mudik Nyaman Bareng si Kecil

 

Berdasarkan evaluasi arus mudik, Menhub juga mengungkapkan perbedaan hari puncak arus mudik antara Tol Cipali dan Tol Kalikangkung, di mana banyak pemudik keluar tol sebelum Kalikangkung yaitu di pantura dan sekitar Banyumas.

Sumber : dephub.go.id | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami