Biar Perjalanan Mudik Menyenangkan, Jaga Kesehatan Anda dengan 8 Tips Kesehatan Ini Ya!
Sumber: dok. Pribadi | Angga Ferdinand

Health / 20 April 2023

Kalangan Sendiri

Biar Perjalanan Mudik Menyenangkan, Jaga Kesehatan Anda dengan 8 Tips Kesehatan Ini Ya!

Claudia Jessica Official Writer
1250

Momen lebaran menjadi hari libur nasional yang diikuti dengan cuti bersama yang cukup panjang sehingga sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Momen berkumpul dengan keluarga tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan dan berharga, tapi bagaimana kalau kita jatuh sakit? Apalagi perjalanan panjang yang ditempuh sering kali membuat tubuh kita menjadi kurang fit. Pasti kita akan melewatkan momen berharga itu bukan? Nah, supaya momen berharga yang hanya terjadi setahun sekali ini dapat kita nikmati bersama-sama dengan keluarga, mari kita jaga kesehatan melalui 7 tips kesehatan berikut ini:

1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup selama perjalanan. Cobalah untuk menghindari makanan yang berlemak atau terlalu pedas, karena makanan ini dapat membuat perut tidak nyaman dan menimbulkan rasa kantuk. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda akan tetap fit.

 

BACA JUGA: Sebelum Berangkat Mudik, Pastikan Lakukan 12 Hal Ini Supaya Rumah Aman Saat Ditinggal

 

2. Beristirahat dengan cukup

Pastikan untuk beristirahat dengan cukup, terutama jika Anda akan mengemudi dalam waktu yang lama. Cobalah untuk beristirahat dengan cukup sebelum dan saat melakukan perjalanan. Usahakan untuk beristirahat setiap beberapa jam dan berjalan-jalan untuk meregangkan otot dan memperbaiki sirkulasi darah. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap bugar dan menjadi lebih fit.

3. Jangan sampai dehidrasi, minumlah air yang cukup

Ingat, pastikan untuk minum air yang cukup selama perjalanan, terutama jika melakukan perjalanan dengan mobil atau kereta api yang memiliki AC yang dingin. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

4. Bawa obat-obatan

Kita tidak akan pernah apa yang akan terjadi saat melakukan perjalanan nanti, dan pasti tidak ada satupun dari kita yang ingin jatuh sakit. Maka dari itu, penting bagi kita untuk membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala atau obat flu, jika dibutuhkan. Pastikan untuk membawa obat-obatan di tempat yang mudah Anda jangkau sehingga memudahkan Anda untuk menghadapi situasi darurat.

 

BACA JUGA: 6 Tips Mudik Nyaman Bareng si Kecil

 

5. Bawalah cemilan untuk mengisi perut Anda

Bawa makanan dan minuman ringan seperti buah-buahan, roti, atau biskuit untuk menghindari lapar dan mengurangi frekuensi makan di luar. Terutama jika Anda memiliki penyakit maag atau asam lambung yang mengharuskan Anda untuk sering makan.

6. Lakukan senam atau stretching

Gerakan senam atau stretching diperuntukan guna meregangkan otot dan menjaga sirkulasi darah tetap baik. Gerakan sederhana seperti menggerakkan leher, pundak, dan pergelangan tangan dapat membantu mengurangi pegal dan kaku pada tubuh.

7. Bawa bantal atau benda yang nyaman

Bantal atau benda yang nyaman seperti bantal leher atau bantal bawah punggung bisa Anda manfaatkan untuk menghindari pegal dan kaku pada tubuh saat perjalanan. Jika Anda menggunakan transportasi umum, benda ini juga dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga perjalanan mudik Anda akan terasa menyenangkan, terlebih lagi dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama perjalanan jauh untuk mudik. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu Anda untuk merayakan liburan lebaran dengan lebih nyaman dan bahagia. Selamat menikmati perjalanan Anda!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami