Fakta Alkitab: Inilah Alasan Mengapa Setan Menggoda Manusia Berbuat Dosa
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 25 April 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Inilah Alasan Mengapa Setan Menggoda Manusia Berbuat Dosa

Claudia Jessica Official Writer
1615

Setan dipakai sebagai julukan yang muncul di tengah masyarakat. Istilah “setan bermata biru” adalah julukan rasial yang muncul di beberapa komunitas masyarakat Asia. Istilah tersebut ditujukan kepada orang-orang keturunan Eropa.

Setan juga disematkan pada nama senjata pusaka, Yaitu Keris Setan Kober. Senjata itu milik Adipati Aryo Penangsang, penguasa Wilayah Jipang pada abad ke-15. Penguasa Kerajaan Jipang atau Kabupaten Blora di Jawa Tengah, sekarang itu terlibat duel dengan Sutawijaya penguasa Kerajaan Pajang di dekat Kota Solo.

Selain itu, masih banyak lagi istilah setan dipakai julukan di dunia ini. Lalu bagaimana Alkitab memiliki fakta tentang setan? Dan apa alasan Setan menggoda manusia berbuat dosa? Berikut apa Fakta Alkitab tentang setan:

Beberapa malaikat yang diciptakan, memberontak terhadap Allah. Mereka ingin berkuasa seperti Allah termasuk menguasai ciptaan yang segambar dengan Allah, yaitu manusia. Upaya awal itu terjadi di Taman Eden, ketika setan menjadi ular untuk mempengaruhi Hawa (Kejadian 3:1)

Sejak itulah, manusia terjatuh ke dalam dosa, dan bersama-sama dengan Setan terlempar ke bumi. Lalu bagaimana dan apakah setan itu? Berikut faktanya.

1. Setan adalah malaikat yang jatuh: Alkitab menggambarkan Setan sebagai malaikat yang memberontak terhadap Allah dan diusir dari surga bersama dengan malaikat-malaikat pemberontak lainnya. (Yesaya 14:12-15)

2. Setan adalah seorang penipu: Alkitab menggambarkan Setan sebagai pendusta dan penipu yang berusaha menjauhkan manusia dari Allah. (2 Korintus 11:14)

3. Setan adalah musuh Allah dan manusia: Alkitab mengajarkan bahwa Setan menentang Allah dan berusaha mencelakakan manusia. (1 Petrus 5:8)

4. Setan memiliki kuasa yang terbatas: Alkitab mengajarkan bahwa Setan adalah makhluk yang berkuasa, tetapi ia tidak berkuasa penuh. Dia tunduk pada otoritas Allah dan hanya dapat bertindak dalam batas-batas yang diizinkan Allah. (Ayub 1:12)

5. Setan menggoda manusia berbuat dosa: Alkitab menggambarkan Setan sebagai sosok yang menggoda manusia untuk berbuat dosa dan berpaling dari Allah. (Matius 4:1-11)

6. Setan pada akhirnya akan dikalahkan: Alkitab mengajarkan bahwa kekalahan Setan sudah pasti dan ia akan dihakimi dan dihukum karena pemberontakannya terhadap Allah. (Wahyu 20:10)

7. Setan dikenal dengan banyak nama: Alkitab menggunakan berbagai nama dan gelar untuk menyebut Iblis, termasuk iblis, si jahat, penguasa dunia ini, dan pendakwa. (Matius 4:1, Yohanes 12:31, Wahyu 12:10)

Jadi bagaimana setan menurut Anda? Apakah Anda bisa membedakan godaan setan dengan kebenaran Tuhan?

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami