Daftar 5 Pendeta yang Mendirikan Gereja-gereja Besar di Indonesia
Sumber: tabloidmitra.com

News / 24 April 2023

Kalangan Sendiri

Daftar 5 Pendeta yang Mendirikan Gereja-gereja Besar di Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
6771

Di Indonesia, ada begitu banyak gereja-gereja besar dan yang memiliki begitu banyak jemaat. Hal ini tentu bisa saja terjadi dan tidak lepas dari kesetiaan mereka mengerjakan panggilan Tuhan untuk mengerjakan Amanat Agung di Indonesia.

Sepanjang perjalanan pelayanan yang mereka lakukan, kelima pendeta ini telah berhasil menggembalakan ribuan jemaat. Dedikasi hidup untuk melayani Tuhan menjadikan para pemimpin besar ini dikenal luas.

Siapa saja para pendeta dibalik berdirinya gereja-gereja besar di Indonesia? Berikut 5 sosok diantaranya:

#1 Pendeta DR. Ir. Niko Njotorahardjo – GBI Jemaat Induk Senayan (JIS)

Pendeta Niko Njotorahardjo adalah pendiri dan pemimpin dari Gereja Bethany Indonesia (GBI Jemaat Induk Senayan). Didirikan sejak tahun 1988, di Wisma Karsa Pemuda, Jakarta. Gereja yang digembalakan oleh Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo ini memiliki jemaat yang mencapai ribuan orang dan memperluas area pelayanan mereka di beberapa kota di Indonesia. 

Lima sosok pendeta besar di atas adalah contoh dari keberhasil tokoh agama yang mendirikan gereja di Indonesia. Tak hanya sekedar mendirikan rumah ibadah, tetapi para pendeta di atas mampu memberikan pengaruhnya kehidupan umat jemaatnya di Tanah Air.

#2 Pendeta Abraham Alex Tanuseputra - Gereja Bethany Indonesia

Pendeta Abraham Alex Tanuseputra adalah pendiri gereja Bethany Indonesia yang saat ini menjadi Sinode Gereja Bethany Indonesia.

Beliau berperan dalam pengembangan gereja Bethany Indonesia hingga membangun begitu banyak gereja yang tersebar di wilayah Indonesia. Selain itu, beliau juga memiliki wadah pelayanan baru bernama Alex Tanuseputra Ministries sesuai dengan Visi yang Tuhan berikan kepadanya untuk Kesatuan Tubuh Kristus.

#3 Pendeta Jusuf Soetanto - Gereja Mawar Sharon

Pendeta Jusuf Soetanto mendirikan gereja Mawar Sharon pada tahun 1984. Awalnya, gereja ini hanya berisi 70 orang jemaat, tetapi sekarang telah berkembang menjadi salah satu gereja terbesar di Indonesia, dengan jemaat mencapai ribuan orang. Saat ini ketua Sinode Gereja Mawar Sharon oleh Pdt. Jusuf Soetanto dan wakilnya adalah Pdt. Philip Mantofa.

 

#4 Pendeta Dr. R.A. Jaffray - Gereja Kemah Injil Indonesia

Pendeta Dr. R.A. Jaffray adalah salah satu pendiri Gereja Kemah Injil Indonesia (KII). Karya pelayanan gereja ini telah dimulai sejak tahun 1928, dengan melayani orang-orang di pedalaman Kalimantan dan Sulawesi. Sekarang, Gereja Kemah Injili Indonesia sudah tersebar di seluruh Indonesia. Menurut laman resmi GRII, gereja ini memiliki anggota jemaat lebih dari 449.000 orang dan lebih dari 370.000 orang sudah dibaptis di gereja ini.

#5 Pendeta Stephen Tong - Gereja Reformed Injili Indonesia

Pendeta Stephen Tong mendirikan gereja Reformed Injili Indonesia pada tahun 1989, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas gereja dan mempromosikan penginjilan. Gereja ini sangat terkenal di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Beliau juga terkenal sebagai pengkhotbah dan pemberitaan Injil.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami