Rekomendasi 5 Film Tentang Perjuangan Perempuan, Cocok Untuk Memperingati Hari Kartini
Sumber: Jawaban.com

News / 18 April 2023

Kalangan Sendiri

Rekomendasi 5 Film Tentang Perjuangan Perempuan, Cocok Untuk Memperingati Hari Kartini

Bella Tiurma Official Writer
1243

Sekian banyaknya pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, ada beberapa pahlawan perempuan yang juga ikut serta. Salah satunya Raden Ajeng Kartini, sebagai salah satu pahlawan yang memperjuangkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. 

Perjuangan kesetaraan atau emansipasi ini adalah bentuk dari pembebasan dari perbudakan dan persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, pada kenyataaan masih terjadi kasus penolakan kepemimpinan yang dipegang oleh perempuan. 

Sebagai bentuk mengingat semangat juang untuk kesetaraan perempuan dapat melihat 5 film rekomendasi perjuangan perempuan. 

1. Kartini (2017)

Menceritakan kondisi Indonesia yang masih dijajah oleh Belanda, bagaimana perempuan tidak diperbolehkan untuk memiliki jenjang pendidikan yang tinggi. Hal ini berdampak bagi para perempuan keturunan ningrat di daerah Jawa yang memiliki satu tujuan hidup, yaitu menjadi istri dari laki-laki ningrat. 

Namun, berbeda dengan Kartini yang menolak dan memiliki pandangannya sendiri. Dimana dirinya tidak menerima bahwa hanya laki-laki saja yang diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi. Dengan tekad yang kuat, Kartini bersama kedua saudarinya memperjuangkan kesetaraan dan pendidikan yang diterima oleh perempuan. 

 

Baca Juga : R.A Kartini, Perjuangan Wanita Melawan Sebuah Sistem

 

2. 3 Srikandi (2016) 

Sebuah cerita perjuangan tiga perempuan dari segi olahraga yang menjadi legenda di Indonesia. Bercerita tentang momen Olimpiade Seou pada tahun 1988, tiga perempuan yang saat itu menjadi atlet pemanah perempuan pertama di Indonesia yang berhasil memenangkan mendali pada olimpiade tersebut. 

Namun, dibalik kesuksesan yang ditampilkan diakhir film ini ada perjuangan yang cukup berat dilalui oleh ketiga atlet perempuan tersebut. Sebagai bentuk perjuangannya mereka harus menerima dampaknya, dimana mereka terjebak dan hampir tidak bisa mengikuti olimpiade tersebut. 

 

3. Yuni (2021) 

Film yang berhasil memenangkan penghargaan di Toronto International Film Festival sebagai Platform Prize dan Best Feature Film di Maya Awards. Bercerita tentang seorang perempuan bernama Yuni yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan dan berjuang memegang teguh pendiriannya untuk mencapai impiannya. 

Namun, Yuni terjebak oleh prinsip masyarakat tempat tinggalnya yang mengharuskan diumur Yuni saat ini harus segera menikah. Tetapi Yuni menolak prinsip itu, sehingga dirinya menolak dua pria yang melamar dirinya. Hal ini mengakibatkan Yuni mendapatkan stigma negatif dari kepercayaan masyarakat sekitar bahwa perempuan yang menolak lamaran sampai tiga kali tidak akan pernah menikah. 

 

Baca Juga: Kartini dan Wanita Allah Masa Kini

 

4. Enola Holmes (2020) 

Bercerita mengenai petualangan seorang perempuan yang memiliki keinginan kuat untuk mencari kebenaran tentang ibunya yang menghilang. Enola Holmes, adik perempuan dari Sherlock Holmes detektif terkenal di kotanya, ketika mendengar kabar bahwa ibunya secara misterius menghilang. 

Elona nekat melakukan pencaharian keberadaan ibunya dengan melakukan petualangan seorang diri, bahkan melakukan tanpa sepengetahuan kakaknya. Namun, ditengah pencahariannya, Enola menemukan suatu rahasia yang menjadi konspirasi mengenai sosok bangsawan yang memiliki pengaruh besar. 

 

5. Mulan (2020) 

Film yang bercerita seorang pejuang perempuan yang memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk turun ke medan perang. Keinginan kuatnya ini untuk menyelamatkan ayahnya, dia rela untuk menyamar sebagai seorang laki-laki dan mengaku sebagai putra ayahnya.

Namun, penyamaran Mulan tidak bertahan lama ketika dirinya terlibat perkelahian dan tidak menyadari bahwa dirinya mengeluarkan kekuatan terdalamnya. Hal ini memicu pertandingan untuk melihat kekuatan yang terkuat, sampai akhirnya Mulan mengakaui bahwa dirinya adalah wanita dan telah berbohong pada comrade nya. 

 

Baca Juga: Hari Kartini, Ini Pandangan Artis-Artis Wanita Soal Kesetaraan Gender

 

Itulah beberapa film rekomendasi yang bisa kamu tonton untuk melihat berbagai macam perjuangan perempuan yang telah dilakukan. Beberapa film di atas sebagai wujud nyata bahwa adanya perjuangan untuk menunjukkan kesetaraan gender. 

Sumber : idntimes.com | theasianparent | bacaterus.com
Halaman :
1

Ikuti Kami