Kartini dan Wanita Allah Masa Kini

Kartini dan Wanita Allah Masa Kini

Lestari99 Official Writer
5527

Hari ini segenap wanita Indonesia merayakan Hari Kartini, hari kebangkitan bagi kaum wanita Indonesia. Siapa yang menyangka, dari seorang wanita sederhana bernama Kartini, dampak hidupnya begitu besar terasa sampai saat ini. Kesetaraan antara wanita dan pria di negeri ini semakin terlihat dengan jelas. Semakin sedikit lahan pekerjaan yang dibedakan berdasarkan gender. Lihat saja sekeliling kita. Pramudi busway terlihat sepanjang hari, bahkan kenek bis pun bisa dilakoni oleh wanita.

Menyambut hari Kartini di negeri ini, mari kita telusuri kehidupan para wanita Indonesia sekaligus gambaran wanitanya Allah yang sungguh-sungguh menunjukkan karakter dan kredibilitas sebagai orang Kristen dan dikenal di seantero negeri. Siapa sajakah mereka?

Agnes Monica, siapa yang tidak mengenal wanita cantik penuh bakat ini? Namanya tidak hanya dikenal di Indonesia tapi sudah sampai ke manca negara. Obsesinya untuk menjadi penyanyi dunia terus dikejarnya sampai saat ini. Prestasinya yang sejibun sepertinya menggambarkan dengan jelas sosok Agnes yang ambisius dan pekerja keras. Penghargaan teranyar Agnes adalah ketika ia didapuk sebagai Penyanyi Solo Terdahsyat dalam ajang Dahsyatnya Award yang diadakan oleh program musik Dahsyat di RCTI. Tapi di balik itu semua, integritas Agnes sebagai anak Tuhan tetap dipertahankan lho. Terjun di dunia entertainment semenjak usia belia tidak menjadikannya sebagai pribadi bebas yang melanggar kebenaran firman Tuhan, tapi koridor firman tetap dijalaninya sampai saat ini.

Agnes Monica memang pantas dijadikan teladan bagi kaum muda Indonesia saat ini yang sudah terkena dampak dari krisis moral. Memiliki mimpi setinggi langit, dan tidak hanya sekedar bermimpi, tapi terus mengejar impiannya dengan kerja keras dan penuh keyakinan. Bukankah itu yang Tuhan minta dari kita? Hidup dengan visi dan mengejar visi itu, tidak sekedar memiliki visi belaka. Pada dasarnya, Tuhan membenci orang yang hanya memiliki visi karena mereka tidak akan menggenapi panggilan hidupnya ketika mereka tidak mulai untuk melangkah menggenapi visi itu. Buat Agnes, maju terus yah dalam Tuhan.

Bagi Anda sendiri, apa makna hidup dan arti dari kesuksesan? Bagi Anne Avantie, hidup adalah anugerah yang perlu diperjuangkan agar dapat menjadi saluran berkat bagi sesama apapun bentuknya. Sebagai desainer berbasis kebaya, kebaya hasil desainnya kini tak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga sudah melanglang buana. Tapi hal itu dilakukannya dengan penuh perjuangan selama 20 tahun sampai akhirnya karyanya diakui di negeri ini.

Diakui Anne, semangat hidup didapatnya dari sang ibu yang divonis menderita kanker. "Semangat hidup ibuku sangat luar biasa. Ibu adalah inspirasi dan motivator saya. Dalam setiap karya saya, selalu ada nafasnya," tutur Anne. Kecintaannya pada sang ibu mengantarkannya ke gerbang sukses dan memasuki dunia popularitas yang tak terelakkan lagi. Namun Anne Ivantie menetapkan hatinya untuk tidak mengubah dirinya menjadi pribadi yang eksklusif.

Fokusnya pada pilihan-pilihan hidupnya juga memberi Anne kesempatan yang luas untuk berbagi. Dan itu ditekankannya kepada sang anak, Intan Avantie, untuk selalu menjadi pribadi yang mandiri dan penuh cinta kasih kepada orang lain. Anne berkata, "Lebih baik kita menjadi orang yang lebih banyak memberi daripada menerima." Hal ini ditunjukkannya dengan membuka Wisma Kasih Hydrocephalus di Semarang 15 tahun yang lalu, jauh sebelum ia sukses seperti saat ini. Wisma ini ditujukan bagi anak-anak penderita hydrocephalus, bibir sumbing, palatum, hemanioma, dan yang mengalami kasus-kasus kecelakaan dan belum bisa sembuh total karena tak punya biaya.

Diakui Anne, cintanya kepada Indonesia adalah caranya memberi kontribusi  kepada bangsa ini melalui satu hal yang sangat sepele dan kecil, yakni rasa cinta yang tulus. Tak sekalipun Anne berhenti mensyukuri hidup yang dijalaninya karena hingga saat ini ia masih mampu membagi pengharapan dan doa kepada orang lain.

Dua wanita lain yang patut kita acungi jempol lainnya adalah Anna Maria dan Maria Yoseph. Tertangkapnya Roy Marten untuk kedua kalinya atas kasus narkoba tidak membuat Anna Maria menyerah untuk mendampingi Roy dan berhenti mencintai suaminya. Sebuah kasih yang semakin jarang kita temukan di dunia yang telah berkembang menjadi sangat individualistis ini. Masalah sepele antara suami isteri bisa berujung perceraian. Komitmen dan janji pernikahan di hadapan Tuhan menjadi semakin tidak bernilai. Tapi bagi Anna Maria, janji itu tidak hanya sekedar isapan jempol belaka, tapi sebuah komitmen tanpa henti untuk terus setia dan tidak berhenti mencintai Roy Marten dalam kondisi terburuk sekalipun. Tidak banyak wanita yang masih bisa bertahan seperti ini. Tapi Anna Maria membuktikan, kehadiran Yesus di dalam hatinya telah memampukan dirinya untuk memiliki kasih yang mau berkorban bagi orang lain, tidak sekedar menuntut untuk dikasihi.

Kasih yang sama dengan konteks yang berbeda ditunjukkan pula oleh Maria Yoseph. Sebelumnya tidak ada orang yang mengenal sosok ibu bersahaja ini. Tapi tertangkapnya sang anak, Sheila Marcia, atas kasus narkoba sontak membuat dirinya menjadi sorotan publik. Tapi Maria Yoseph tidak pernah menyerah dengan kondisi Sheila. Dukungan, doa dan air mata terus ditunjukkannya untuk menolong dan mendampingi anaknya menghadapi tuntutan hukum. Dan air mata itu terbayar sudah ketika Sheila akhirnya dibebaskan Maret kemarin. Tidak hanya sampai di situ, Sheila kini dikenal sebagai artis muda yang menemukan Tuhan sebagai tujuan hidupnya. Tidak ada yang meragukan bahwa kontribusi Maria Yoseph di balik perubahan Sheila Marcia sangatlah besar.

Dari beberapa wanita di atas, tergambar dengan jelas ketika wanita Allah bangkit, ada sesuatu yang luar biasa terjadi. Banyak kehidupan orang di sekitarnya yang berubah. Kehadiran wanita dalam posisi maupun kondisi apapun memang tidak dapat diremehkan. Karena awal kehidupan dihasilkan dari wanita. Sadarkah Anda bahwa potensi untuk melahirkan keturunan Ilahi ada di dalam diri Anda? Ketika wanitanya Allah bangkit, keluarga-keluarga akan melahirkan anak-anak yang takut akan Tuhan. Dan berawal dari keluarga-keluarga yang bangkit dalam kebenaran, sebuah kota dapat dipulihkan. Dan pemulihan itu akan terus menjalar sampai akhirnya bangsa ini pun dipulihkan.

Setiap kita memiliki potensi yang besar untuk membawa pemulihan bagi bangsa ini. Hai para wanita Allah, jangan pernah menyerah. Teruslah melangkah dan berjuang dalam kebenaran Allah dan lihatlah, bahwa air mata itu tidak akan pernah tertumpah dengan cuma-cuma.

Sumber : jawaban.com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami