Makanan Terbaik di Masa Depan: Apakah Ganggang Adalah Nutrisi Berkelanjutan?
Sumber: Carli Teteris/Stocksy

Health / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

Makanan Terbaik di Masa Depan: Apakah Ganggang Adalah Nutrisi Berkelanjutan?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1677

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah memberikan peringatan bahwa kita mulai kehabisan lahan untuk bercocok tanam dan memelihara hewan ternak, dan ini menyebabkan masalah pangan di masa depan. Namun, sebuah alternatif makanan telah ditemukan yang dapat membantu mengatasi masalah ini, yaitu ganggang. 

Apa itu ganggang?

Ganggang adalah organisme fotosintetik sederhana berbasis air yang terbentuk secara alami. Mereka tumbuh di semua jenis badan air alami, baik air tawar maupun air asin.

Seperti semua tumbuhan, ganggang hidup dengan menggunakan fotosintesis untuk menciptakan nutrisinya sendiri dan menambahkan oksigen ke udara dan air di sekitarnya. Tidak seperti tanaman air lainnya, alga tidak memiliki daun, akar, atau batang. Ukuran ganggang dapat berkisar dari mikroalga yang sangat kecil hingga koloni besar rumput laut. Ini adalah kelompok beragam yang mencakup ganggang biru-hijau, hijau, merah, dan coklat.

 

BACA JUGA: Telur Setengah Matang Memang Enak, Tapi Kamu Tahu Gak Bahaya yang Mengintai?

 

Apa yang membuat ganggang bergizi?

Menurut Dr. Stephen Mayfield, seorang profesor biologi di University of California, San Diego, direktur California Center for Algae Biotechnology, dan penulis senior studi "Mengembangkan Ganggang sebagai Sumber Makanan Berkelanjutan," secara biokimia ganggang adalah makanan super. Itu karena kandungan proteinnya yang tinggi, asam lemak esensial, mineral dan vitamin.

“Sebagian karena ganggang tidak harus memiliki batang, akar, atau cabang untuk menopang, jadi seluruh energi yang ada pada ganggang digunakan untuk membuat lebih banyak protein, asam lemak, dll., daripada selulosa,” Dr. Mayfield menjelaskan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : www.medicalnewstoday.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami