Makanan Terbaik di Masa Depan: Apakah Ganggang Adalah Nutrisi Berkelanjutan?
Sumber: Carli Teteris/Stocksy

Health / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

Makanan Terbaik di Masa Depan: Apakah Ganggang Adalah Nutrisi Berkelanjutan?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1716

“Ini adalah salah satu makanan nabati tertua di dunia,” Dr. William Sears, praktisi kedokteran anak dan keluarga dan penulis The Healthy Brain Book mengatakan kepada Medical News Today. “Ada ribuan spesies ganggang dan masing-masing menghasilkan banyak nutrisi sehat yang kita semua butuhkan, tetapi kebanyakan dari kita tidak cukup makan ganggang. Ganggang sumber yang kaya vitamin B, vitamin K, zat besi, magnesium, kalsium, yodium, dan banyak lagi. Akar penyebab banyak penyakit adalah oksidasi – keausan pada tubuh. Alga kaya akan antioksidan. Banyak spesies mikroalga yang berbeda kaya akan sumber antioksidan yang berbeda."

 

BACA JUGA: Inilah 7 Superfood yang Tercatat di Alkitab, Obat Sehat Alami Ala Surga

 

"Hanya sebagian kecil dari spesies alga yang telah dikonsumsi oleh manusia, tetapi yang terkenal dengan kepadatan nutrisi dan kualitasnya,” tambah Aletta Mayorga, kepala penelitian dan pengembangan di Needed perusahaan nutrisi kehamilan.

Selain itu, kata Mayorga, alga menyediakan sumber asam lemak omega-3 yang ramah vegetarian, seperti asam docosahexaenoic (DHA). “Meskipun kami menganggap ikan sebagai sumber utama omega-3 dalam makanan manusia, ikan tidak menghasilkan omega-3 sendiri melainkan mengonsumsinya dari ganggang dan plankton. Dan menurut penelitian ini, DHA dari minyak alga tersedia secara hayati seperti DHA dari salmon yang dimasak.” Jelasnya.

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, ganggang bisa menjadi jawaban atas masalah ini. Selain itu, selama ribuan tahun, manusia telah mengonsumsi berbagai spesies ganggang, yang terkenal dengan kepadatan nutrisi dan kualitasnya. Karenanya, konsumsi ganggang sebagai sumber makanan adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan kita serta memastikan bahwa pangan kita berasal dari sumber yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Sumber : www.medicalnewstoday.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami