4 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Segera Menyeduh Secangkir Kopi
Sumber: pexels.com

Health / 16 March 2023

Kalangan Sendiri

4 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Segera Menyeduh Secangkir Kopi

Wisnu Prianggani Contributor
1746

Menyeduh secangkir kopi bisa saja menjadi langkah awal untuk Anda dapat memperbaiki suasana hati. Seperti yang kita ketahui bahwa kopi adalah salah satu minuman populer yang sudah dikenal di seluruh dunia dan sudah menjadi bagian dari rutinitas para penikmatnyai. Bahkan bagi sebagian orang mengkonsumsi secangkir kopi bukan hanya menjadi kebiasaan tapi menjadi sebuah kebutuhan. Faktanya kita tahu bahwa belakangan ini ada banyak sekali kedai kopi dengan beragam konsep yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengkonsumsi kopi. Banyak orang juga setuju kalau minum kopi sebelum beraktivitas dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan mengembangkan kreativitas. Menurut penelitian, kafein dalam kopi sebenarnya dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus sekaligus menjaga suasana hati yang baik dan mencegah stres.

Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan ketika Anda menyeduh secangkir kopi. Berikut 4 manfaat kopi yang telah didukung oleh penelitian.

1. Meningkatkan kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kinerja otak dan kognitif. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada tahun 2021 menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang moderat (3-5 cangkir perhari) dapat meningkatkan perhatian, konsentrasi, dan kemampuan berpikir abstrak pada orang dewasa muda. Hal ini dapat berguna dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja pada pekerjaan atau studi.

 

Baca Juga: Pesan Kasih Tuhan Lewat Sebuah Cangkir Kopi

 

2. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention pada tahun 2020 menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker hati. Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 49% lebih rendah untuk mengembangkan kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

 

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Diabetes Care pada tahun 2020 menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut. Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 30% lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

 

Baca Juga: Minuman Penghilang Ngantuk Selain Kopi, Mau Coba yang Mana?

 

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara moderat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Circulation pada tahun 2017 menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum kopi secara moderat memiliki risiko 7% lebih rendah untuk mengembangkan penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Empat fakta tadi menunjukkan bahwa kopi ternyata memiliki manfaat jangka panjang bagi kita. Namun, perlu diingat bahwa manfaat kopi ini hanya berlaku untuk konsumsi yang moderat. Konsumsi kopi yang berlebihan tentu saja dapat berdampak negatif pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko kecanduan, kecemasan, dan insomnia. Alkitab juga selalu mengingatkan kita bahwa untuk segala sesuatunya tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi kopi dengan bijak dan dalam jumlah yang tepat. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein atau sekitar 4 cangkir kopi per hari.

 

Baca Juga: Manfaat Dibalik Aroma Kopi Yang Tak Semua Orang Tahu!

 

Selain itu, manfaat kopi ini juga dapat dipengaruhi oleh jenis kopi dan cara penyajiannya. Kandungan kafein dalam kopi dapat bervariasi tergantung pada jenis biji kopi dan cara pengolahannya. Misalnya, kopi robusta mengandung lebih banyak kafein daripada kopi arabika. Cara penyajian kopi juga dapat mempengaruhi kandungan kafein, misalnya kopi yang diseduh dengan metode French press mengandung lebih banyak kafein daripada kopi yang diseduh dengan metode drip. Selain kandungan kafein, kopi juga mengandung senyawa lain seperti antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Oleh karena itu, meskipun kandungan kafein dalam kopi dapat bervariasi, manfaat kesehatan dari kopi masih dapat diperoleh dengan konsumsi yang moderat.

Halaman :
1

Ikuti Kami