Pesan Kasih Tuhan Lewat Sebuah Cangkir Kopi

Pesan Kasih Tuhan Lewat Sebuah Cangkir Kopi

Lori Official Writer
      1352

1 Korintus 13: 4-7

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 3; Yohanes 13; 1 Tawarikh 18-19

Aku gak senang sama suamiku. Di malam sebelumnya, waktu aku mulai berbicara tentang keinginan untuk mengirimkan surat-surat asuransi melalui pos, dia sama sekali tidak merespon.

Aku terus mendorongnya dan waktu dia akhirnya menjawab, jawabannya tampak meremehkan. Aku merasa tersinggung. Sisa makam itu, aku menyibukkan diri dengan membersihkan dapur dan menghindar untuk menghabiskan waktu bersamanya.

Saat pagi datang, masalah pun baru muncul dalam pekerjaannya. Suamiku perlu menyelesaikannya dan aku tahu dia mau membicarakannya denganku. Tapi aku masih merasa jengkel. Aku menyesap kopi dan melihat cangkir cinta bertuliskan 1 Korintus 13 di tanganku. Mataku langsung tertuju pada frase yang tertulis di sampingnya yang berbunyi, “Kasih menanggung segala sesuatu.”

Aku tidak merasa begitu mengasihi. 

Tapi aku tahu apa yang Tuhan sampaikan dalam Alkitab dan bahwa Tuhan gak bertanya kepadaku bagaimana perasaanku. Tuhan hanya memintaku untuk mengasihi. Dan cangkir kopiku menyampaikan bahwa kasih itu ‘bertahan’. Dengan kata lain, kita harus tetap mengasihi walaupun keadaannya sulit bahkan waktu kita sedang tidak mau mengasihi. Jadi aku mendengarkan suamiku dan menjawab dengan sopan.

Setelah kami menghabiskan beberapa waktu lamanya untuk membicarakan situasi pekerjaannya, aku menatap suamiku dan menghela napas. “Aku masih belum bisa senang denganmu.”

“Maaf,” katanya. 

“Aku merasa tidak enak badan tadi malam dan dipenuhi dengan banyak pikiran. Aku pikir kamu memikirkan formulir asuransi kesehatan yang baru saja aku terima kemarin. Aku tidak tahu kalau kamu lagi bicara tentang asuransi perjalanan kita,” lanjutnya.

Sesaat mendengar penjelasannya, aku tiba-tiba menyadari bahwa kami mengalami kesalahpahaman. 

Tapi, untungnya, Tuhan merobek potensi kehancuran dengan pengingat yang lembut. Kesalahpahaman kami bisa saja berlangsung lebih lama tanpa penyelesaian. Tapi cangkir kopiku mengingatkan apa arti cinta itu.

Aku mengambil Alkitabku dan membaca 1 Korintus 13 lagi, memikirkan tentang mengasihi suamiku dengan caranya Tuhan, bahkan saat aku merasa tersinggung.

 

Baca Juga: Ini Makna Kasih Sesungguhnya Dalam ‘1 Korintus’

 

Dengan mengikuti perintah Tuhan dalam 1 Korintus 13 tentang bagaimana harusnya kita mengasihi, bahkan saat konflik muncul waktu kita bisa mengatasi kebingungan yang sering mengancam untuk memisahkan pasangan salaam konfrontasi dan pertengkaran. Waktu kita bersabar, kita menunggu untuk mendengar apa yang disampaikan orang lain tanpa menghakimi. Dengan bersikap baik dan lembut dengan kata-kata kita.

Kita menunjukkan bahwa kita peduli dan memberi orang lain keyakinan bahwa mereka didengarkan. Dengan bersukacita dalam kebenaran, kami bekerja sama sebagai tim untuk menemukan jawaban terbaik daripada hanya bersikeras dengan cara kami sendiri.

Bagian ayat ini juga memberitahu kita apa yang harus dihindari. Kalau kita sombong, angkuh atau egois saat mulai berselisih, kita akan menjauh daripada menemukan penyelesaian. Waktu kita marah atau mulai mengungkapkan kesalahan masa lalu, kita mengotori udara, membuat ketegangan semakin besar dan membuat kesalahpahaman semakin berbahaya. 

Tapi dengan melindungi hati satu sama lain, kami berharap menemukan resolusi, mempercayai motif satu sama lain dan bertekun sampai kita mencapai pemahaman, kasih bisa memerintah dan rasa sakit bisa disembuhkan.

Tuhan bisa mengarahkan kita melalui banyak perselisihan di rumah waktu kita mengikuti perintah yang Dia berikan kepada kita di dalam firman-Nya. Dan terkadang mungkin membantu untuk memulai hari dengan jenis cangkir kopi yang tepat.

 

Hak cipta Linda W Rooks, disadur dari Crosswalk.com

 


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR DI SINI

Ikuti Kami