Manfaat Dibalik Aroma Kopi Yang Tak Semua Orang Tahu!
Sumber: http://kopitop.com

Health / 2 May 2021

Kalangan Sendiri

Manfaat Dibalik Aroma Kopi Yang Tak Semua Orang Tahu!

Naomii Simbolon Official Writer
4309

Siapa sih yang nggak suka dengan kopi? Rata-rata orang Indonesia menyukai kopi, sebab kopi dipercaya bisa mengurangi rasa lelah, dan membuat kita tidak mengantuk.

Itulah alasan mengapa orang Indonesia sering sekali mengkomsumsi kopi baik itu pagi, siang ataupun malam.

Nah, ternyata selain baik untuk dikomsumsi alias diminum, kopi juga memiliki manfaat lainnya ketika dihirup aromanya.

Siapa di antara kamu yang suka menghirup aroma kopi? Dan berapa di antara kamu yang percaya kalau aroma kopi ternyata bisa memberikan serangkaian manfaat yang baik bagi kesehatan kita, salah satunya untuk kinerja otak kita?

Yap, aroma kopi bisa membuat otak kita bekerja dengan baik.

Dilansir dari Science Alert, orang yang menghirup aroma kopi jauh lebih bagus mengerjakan analisis sebuah soal matematika dibanding yang tidak.

Jadi, dua peneliti di Amerika Serikat melakukan eksperimen kepada 114 pelajar di sana. 114 pelajar dibagi menjadi dua kelompok dan semuanya diminta untuk mengerjakan soal matematika.

 

Baca juga: Tujuh Manfaat Kopi untuk Kulit Wajah

 

Salah satu kelompok diminta untuk menghirup aroma kopi sebelum mengerjakan soal matematika tadi, sedangkan kelompok yang lain tidak.

Nah, hasil yang ditemukan bahwa kelompok yang menghirup kopi mendapatkan performa yang lebih tinggi dalam menyelesaikan soal tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa hal ini diakibatkan oleh efek plasebo yang di hasilkan dari kopi tersebut.

"Yang menarik bukan saja temuan bahwa aroma seperti kopi bisa membantu orang-orang untuk melakukan tugas analisis dengan baik, tapi  aroma kopi juga ternyata bisa membuat mereka merasa memiliki performa yang baik dan kami juga menemukan bahwa perasaan tersebut bisa dibilang sebagai salah satu alasan mengapa performa mereka meningkat," ujar pemimpin studi tersebut, Adriana Madzharov.

Nah, itulah manfaat lain di balik kopi selain mengkomsumsinya. Gimana menurut kamu? Mungkin kamu bisa melakukan hal yang sama.

Inilah salah satu alasan mengapa kopi sering sekali disebut-sebut teman di kala stres, sebab dengan kopi kita bisa merasa lebih baik dan mengobati depresi atau stres karena pekerjaan dan lain sebagainya.

Gimana? Tertarik mencobanya?

Sebagai orang Kristen, meskipun kopi memiliki manfaat yang demikian, bukan berarti kita nggak bergantung kepada Tuhan ketika depresi atau sedang mengerjakan sebuah analisis atau pekerjaan kantor ya!

Yesus tetap menjadi nomor satu, dan jangan sampai segala sesuatu jadi berhala dan membuat kita tak lagi mengandalkan Yesus.

 

Baca juga: Filosofi Kopi, Belajar Makna Hidup Lewat Secangkir Kopi

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami