Percaya Kepada Tuhan Akan Mendatangkan Kemenangan
Kalangan Sendiri

Percaya Kepada Tuhan Akan Mendatangkan Kemenangan

Yenny Budhihartono Contributor
      1944

Yosua 10:8

Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyerahkan mereka kepadamu. Tidak seorang pun dari mereka yang akan dapat bertahan menghadapi engkau." 

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 68; Markus 12; Bilangan 19-20

Suatu kali ketika saya membaca berita di website Kompas dan saya menemukan suatu berita bahwa negara China sedang berusaha membuat matahari buatan untuk membantu umat manusia. Saya jadi teringat kisah bagaimana Yosua berperang dan dia berseru meminta Tuhan untuk menghentikan matahari dan bulan. Pada saat itu pun, matahari dan bulan berhenti. 

Yosua 10:12, "Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!" 

Cerita ini berawal dari lima raja dari kerajaan Amori yang besar, yang bekerja sama untuk menaklukkan bangsa Israel. Mereka memiliki ketakutan bahwa bangsa Israel disertai oleh Allah mereka dan bisa membinasakan mereka. Namun Yosua memiliki keyakinan iman bahwa Allah menyertai bangsa Israel. Itu sebabnya Yosua tidak gentar ataupun takut dan Dia percaya pada perkataan Allah bahwa kemenangan pasti akan menjadi milik bangsa Israel.

Hal itupun terjadi seperti apa yang Yosua percaya. Tuhan menyertai bangsa Israel, memberi mereka kemenangan. Mereka bahkan mengalami mukjizat dimana matahari dan bulan berhenti. 

Kita bisa belajar dari kisah Yosua, bahwa orang percaya tidak perlu dikuasai oleh ketakutan dan kekuatiran. Karena dengan iman kita percaya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dan perbuatan-perbuatan-Nya begitu dahsyat dan ajaib. Janji Tuhan bahkan "Ya" dan "Amin".

"Tidak seorang pun dari mereka yang akan dapat bertahan menghadapi engkau" (Yosua 10: 8).

Jika kita percaya bahwa Tuhan adalah Imanuel maka seharusnya kita tidak perlu takut di dalam hidup ini karena apapun yang terjadi bagi orang percaya bahkan sehelai rambut pun itu jatuh atas seijin Tuhan dan janji Tuhan berkata bahwa kita tidak akan ditinggalkan dan kemenangan adalah milik orang percaya karena kasih Allah yang begitu besar."

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. (Roma 8:37)

Milikilah iman dan pengharapan seperti Yosua yang mau percaya dan taat pada Tuhan maka pasti kuasa Tuhan nyata dalam hidup kita.

 

Tuhan Yesus memberkati

Ikuti Kami