Fakta Alkitab: Tabut Perjanjian Ditemukan, Ternyata Lokasinya di Sini
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 7 March 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Tabut Perjanjian Ditemukan, Ternyata Lokasinya di Sini

Claudia Jessica Official Writer
10023

Tabut perjanjian, dibangun oleh Musa untuk menampung loh batu berisi 10 perintah atas perintah Tuhan sendiri. Di Yerusalem, itu adalah tempat tinggal harfiah dari Yang Mahatinggi, yang tersembunyi dalam kegelapan Ruang Maha Kudus selama berabad-abad. Lalu menghilang. Tidak ada yang tahu persis di mana atau kapan, tetapi selama lebih dari 2000 tahun, keberadaan bahtera itu telah diselimuti misteri, meskipun banyak upaya untuk melacaknya.

Ada banyak teori tentang keberadaan relik suci tersebut. Ada yang mengatakan itu terkubur di bawah bukit bait suci. Yang lain berpendapat itu dibawa ke Mesir sebelum hilang dari sejarah. Dimanapun berada, tabut perjanjian yang hilang telah menjadi salah satu peninggalan Kristen yang paling dicari dalam sejarah.

Chuck Holton, salah satu dari tim CBN Internasional melakukan perjalan ke Afrika baru-baru ini. Ia bertemu dengan penjelajah Bob Cornuke, pendiri lembaga arkeologi, pencarian, dan eksplorasi Alkitab. Dia telah menyelidiki teori yang sedikit diketahui tentang seni selama lebih dari 10 tahun dan ia setuju untuk mengizinkan saya ikut serta dalam petualangan pencarian fakta lainnya.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Jalan Ziarah Menuju Bait Suci di Yerusalem Pada Zaman Yesus

 

Seorang mantan penyelidik TKP di Los Angeles, Bob telah membuat namanya terkenal dengan mencari relik alkitabiah. Berdasarkan teknik yang sama yang dia gunakan dalam penegakan hukum, mengambil Alkitab sebagai panduan literal, dia menelusuri rute eksodus Yahudi dari Mesir, mencari bahtera Nuh dan menyelidiki misteri seputar lokasi Gunung Sinai yang sebenarnya. Teori bahteranya berjalan seperti ini sebelum bangsa Babilonia menginvasi Yerusalem pada tahun 586 SM, para pendeta Lewi memindahkan tabut itu ke Mesir untuk menyelamatkannya dari kehancuran. Setelah lebih dari satu abad di sana, dipindahkan lagi, sepanjang Sungai Nil ke danau Tana di Ethiopia.

Bob mengatakan, “Di sinilah mereka mengatakan bahwa mereka memiliki bahtera, dan itu terletak tepat di tempat pohon-pohon itu berada. Kita akan membahasnya di sini sekarang. Dan ketika kita pergi dengan perahu itu, Anda akan melihat di mana sebenarnya mereka mengatakan bahwa bahtera itu duduk di sebuah tenda yang mirip, sangat mirip dengan Tabernakel di padang belantara.”

Para biarawan yang tinggal di pulau tana kirkos tidak mengubah pemujaan atau cara hidup mereka selama ribuan tahun. Bahkan hari ini (saat kami berkunjung), mereka mengenakan kulit binatang dan hidup dalam kehidupan primitif bertani di pulau kecil. Mereka juga menghabiskan lebih dari tiga jam sehari untuk berdoa. Para biarawan menunjukkan kepada kami relik yang menurut mereka datang dengan “R”.

 

[Gambar]

Bob menjelaskan, “Jadi peralatan ini dikatakan dibawa dengan seni dari kuil salomo, dan ini adalah gomer yang tetap, mereka memasukkan darah ke dalamnya dan kemudian mereka memercikkan darahnya ke atas tabut.

Menurut orang-orang ini, nenek moyang mereka menjaga bahtera di sini selama 800 tahun. Pada waktu itu Ethiopia Menjadi negara Kristen, dan setelah itu raja datang dan mengambil tabut itu kemudian membawanya ke Axum, tempat yang akan kita kunjungi selanjutnya.

 

[Gambar: Kota Axum, Ethiopia]

Kota Axum di utara Ethiopia pernah menjadi ibu kota Kerajaan. Raja-raja kuno membangun tugu raksasa untuk menandai kuburan mereka yang menyaingi piramida dalam kejeniusan teknik.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Ditemukan Tempat Perjamuan Terakhir Tuhan Yesus dan 12 Murid-Nya

 

 

Legenda mengatakan bahwa tabut itu dibawa ke sini sekitar tahun 400 M dan ditempatkan di Gereja Our Lady Mary of Zion. Satu-satunya orang yang diizinkan untuk melihat seni tersebut adalah seorang biarawan yang disebut penjaga yang tidak pernah diizinkan meninggalkan gereja.

Menurut Bob, tempat ini seperti benteng pertahanan yang terbuat dari blok cinder. “Mereka memberitahu saya, bahwa saat Anda masuk ke pintu itu, ada koridor yang mengarah ke kiri, Lalu jika koridor berbelok tajam ke kanan dan kemudian berbelok tajam ke kanan kembali, ke tempat yang mereka klaim sebagai tabut perjanjian, duduk di kotak sarkofagus, batu besar dengan lengan bertatahkan hiasan perak. Jadi orang berkata, mengapa seseorang tidak masuk dan mengambilnya? Sangat sulit untuk mengeluarkannya karena mereka benar-benar membangun bangunan ini, yang mereka sebut perjanjian arsitek,” kata Bob berusaha menjelaskan apa letak tabut perjanjian yang berada di dalam Gereja Our Lady Mary of Zion.

 

Hari paling suci dalam kalender ortodoks Ethiopia ⇒

Chuck dan Bob tiba di Axum pada hari paling suci dalam kalender ortodoks Ethiopia. Ini adalah hari ketika 10 ribu umat beriman melakukan ziarah ke Axum dan replika bahtera dibawa keluar dari gereja ini dan diarak melalui jalan-jalan kota. Kemudian orang-orang bernyanyi dan menari sebelum prosesi dan pesta berlangsung sepanjang malam.

 

[Gambar: Masyarakat yang merayaan hari paling suci dalam kalender ortodoks Ethiopia]

Timkat seperti Paskah dan Natal semuanya dibungkus menjadi satu. Ini adalah festival pencerahan bagi mereka. Itu adalah hari raya terpenting tahun ini, para wanita ini akan berada di sini sepanjang malam, beribadah, menyanyikan lagu, berdoa. Tidak ada yang mempertanyakan bahwa ini adalah tempat dan waktu khusus.

Keesokan paginya, orang-orang yang bersuka ria ini terus merayakan dengan lagu dan tarian yang tidak pernah berubah selama ribuan tahun. Ini adalah tampilan menarik ke dalam ibadah gaya Perjanjian Lama yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Pada akhirnya, tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apakah bahtera itu ada di sini atau tidak. Tapi satu hal yang pasti. Tidak ada keraguan apapun dalam pikiran orang-orang Kristen Ethiopia ini.

Lantas apakah apakah Anda percaya bahwa tabut perjanjian yang disebutkan dalam Alkitab?

Chuck Holton dari CBN News, Axum, Ethiopia.

 

Nonton video perjalanan Chuck dan Bob ke Ethiopia untuk mencari tabut perjanjian:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami