Menyemai Asa untuk Anak-anak Tanah Merah di Masa Depan
Sumber: Jawaban.com

News / 6 March 2023

Kalangan Sendiri

Menyemai Asa untuk Anak-anak Tanah Merah di Masa Depan

Aprita L Ekanaru Official Writer
1553

Setelah kejadian kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/23) pukul 20:20 WIB, wilayah Tanah Merah mendadak menjadi sorotan publik. Pasalnya lingkungan padat penduduk ini berada sangat dekat dengan lokasi terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu, tidak sedikit juga opini publik yang mengatakan bahwa Tanah Merah merupakan wilayah yang tidak layak huni.

Berdasarkan beberapa sumber, Tanah Merah adalah sebuah permukiman padat penduduk di Jakarta Utara yang terdiri dari tiga kelurahan, yaitu Rawa Badak Selatan, Tugu Selatan, dan Kelapa Gading Barat. Lokasinya begitu kontras dengan gemerlap kehidupan warga Kelapa Gading, sementara Tanah Merah didominasi oleh lingkungan kumuh yang dihuni oleh warga prasejahtera.

 

BACA JUGA: Cerita Keluarga Siswa OBI Tanah Merah Selamat Dari Ledakan Depo BBM Pertamina

 

Dengan fakta yang menyedihkan tersebut, sejak tahun 2009 tim kemanusiaan CBN bersama dengan Obor Berkat Indonesia ambil bagian untuk membangun sebuah komunitas yang sehat ditengah-tengah masyarakat prasejahtera di Tanah Merah.Kami mendirikan sekolah gratis yang terdiri dari PAUD, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) mulai dari Paket A hingga Paket C (mulai dari SD sampai SMA), dan sanggar belajar anak School Of Life (SOL). Tercatat 1.253 siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di sekolah ini, dan memiliki 6 orang guru yang aktif mengajar di sana.

Lokasi sekolah OBI yang sangat dekat dengan pemukiman warga memudahkan anak-anak prasejahtera untuk dapat menjangkaunya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi jika ingin berangkat sekolah. Jarak lokasi yang dekat juga membuat anak-anak lebih fokus belajar karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu diperjalanan.

Selain memberikan sekolah secara gratis dan tidak memungut biaya apapun, kami juga rutin mengunjungi rumah siswa untuk memberikan dukungan secara spiritual kepada setiap keluarga, terkhususnya orang tua siswa.Tidak sampai di situ saja, kami juga memberikan program makanan tambahan bagi siswa yang memiliki gizi kurang. Kami juga memiliki program pelatihan untuk orang tua siswa dan memberikan modal usaha bagi keluarga yang membutuhkan.

 

BACA JUGA: CBN Indonesia dan Sinode GKS Berkolaborasi Sediakan Pemuridan Anak di Tahun 2023

 

Kami berharap melalui pelayanan sekolah gratis, pemberian makanan yang bergizi serta pelatihan dan pemberian modal usaha dapat menjadi setitik asa bagi masa depan anak-anak di Tanah Merah. Maukah Anda ambil bagian untuk ikut mendukung pelayanan ini tetap berlangsung dan #SelamatkanAnakTanahMerah dengan cara berdonasi melalui website donasi.jawaban.com

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami