Arti “Sela” dalam Alkitab yang Harus Diketahui oleh Orang Kristen
Sumber: Pexels

Kata Alkitab / 23 February 2023

Kalangan Sendiri

Arti “Sela” dalam Alkitab yang Harus Diketahui oleh Orang Kristen

Wisnu Prianggani Contributor
11718

Sela merupakan istilah yang sering muncul dalam Kitab Mazmur. Istilah ini sering diterjemahkan sebagai "selah" dalam bahasa Inggris. Namun, apa sebenarnya arti dari Sela tersebut dan mengapa hal itu penting bagi orang Kristen?

Sela tidak memiliki definisi yang pasti, namun banyak pakar Alkitab berpendapat bahwa Sela adalah istilah yang menunjukkan perubahan dalam tempo musik ketika menyanyikan Mazmur karena kitab Mazmur memang sebuah syair pujian kepada Tuhan yang biasa dilantunkan dalam ibadat-ibadat pada masa Israel Kuno. Sela juga dapat diartikan sebagai jeda atau momen refleksi dan doa bagi pembaca Mazmur, sehingga ketika kita membaca Mazmur dan menemukan kata Sela seharusnya itu menjadi tanda untuk menghentikan diri sejenak dan memperhatikan pesan yang terkandung di dalamnya.Berikut adalah beberapa contoh ayat yang menyebutkan kata Sela yang menunjukkan maksud dari ayat sebelum kata tersebut.

Berikut beberapa ayat di Alkitab yang memakai kata "Sela".

1. Mazmur 3:1-2 

“Mazmur Daud, ketika ia lari dari Absalom, anaknya. (3-2) Ya TUHAN, betapa banyaknya lawanku! Banyak orang yang bangkit menyerang aku; (3-3) banyak orang yang berkata tentang aku: "Baginya tidak ada pertolongan dari pada Allah." Sela” 

Ayat ini memberikan pesan bahwa meskipun kita mungkin dihadapkan pada banyak lawan dan keadaan sulit, kita harus tetap mempercayai bahwa Allah selalu ada di sisi kita dan memberikan pertolongan yang diperlukan.

 

Baca Juga: Kata Shalom atau Syalom Bukan Sekadar Sapaan Biasa, Ini Makna yang Sebenarnya

 

2. Mazmur 62:8

“Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela” 

Ayat ini mengajarkan bahwa kita harus selalu menaruh kepercayaan pada Allah dan mempercayakan segala kekhawatiran kita pada-Nya. Allah adalah tempat perlindungan yang selalu siap sedia untuk melindungi dan membimbing kita.

 

3. Mazmur 46:11-12

“Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!" TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Sela” 

Ayat ini menekankan bahwa kita harus menghentikan segala kegiatan yang kita lakukan dan menyadari bahwa Allah adalah yang tertinggi di antara segala-galanya. Hal ini mengingatkan kita bahwa tidak ada yang lebih kuat dan lebih baik selain Allah, dan kita harus selalu mengandalkan Dia dalam setiap keadaan yang kita hadapi.

 

Baca Juga: Pengakuan Iman Rasuli, Begini Sejarah dan Maknanya Bagi Orang Kristen

 

Dalam agama Kristen, Sela sering diartikan sebagai panggilan untuk berhenti sejenak, merenungkan kebesaran Allah dan menghargai keindahan dari firman-Nya. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang Kristen untuk mengenal dan memahami arti dari kata Sela ini, sehingga kita dapat mengambil manfaat yang sesuai dari setiap ayat Alkitab yang kita baca. 

Jadi tetap setia dan mintalah Roh Kudus agar kita dapat memahami setiap pesan Tuhan dari apa yang kita baca dari firman-Nya. Tuhan Yesus Memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami