Kenapa Kepemimpinan Anak Perlu Dipupuk Sejak Kecil?
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 21 February 2023

Kalangan Sendiri

Kenapa Kepemimpinan Anak Perlu Dipupuk Sejak Kecil?

Lori Official Writer
1776

Banyak orang tua yang mungkin bertanya: Kenapa anak perlu diajarkan tentang kepemimpinan sejak kecil? 

Mari memulainya dari satu kisah luar biasa di Perjanjian Baru yaitu Matius 14:14-20, saat Yesus mengajar 5000 orang. Yesus tak tega menyaksikan banyak dari mereka kelaparan dan akhirnya Dia bertanya ke murid-murid tentang persediaan makanan yang mungkin mereka punya. Tak ada satupun dari mereka yang membawa bekal apa-apa. Sampai akhirnya seorang anak muncul dan menyodorkan lima roti dan dua ikan. Mungkin saat melihat bekal anak itu, murid-murid berkata, “Terima kasih, Nak. Tapi makanan ini tidak akan cukup untuk semua orang.”

Namun Yesus melihat ketulusan dan keberanian anak itu memberikan dari semua yang dia punya. Yesus pun melakukan mukjizat lewat lima roti dan dua ikan itu. Semua orang akhirnya bisa makan dengan kenyang.

Lewat kisah ini, apakah Superparents setuju jika anak perlu dididik dengan baik sejak dini? Orang tua bisa mengambil peran membentuk sikap kepemimpinan anak sejak dini, seperti kerendahan hati melayani orang lain dan keberanian untuk tampil di depan.

 

Baca Juga: TIPS UNTUK MENDIDIK ANAK MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

 

Kepemimpinan anak perlu dilatih sejak kecil karena keterampilan ini bisa membantu mereka sukses di dalam semua bidang kehidupannya, termasuk di dalam pergaulannya dengan orang lain. Selain itu, karakter kepemimpinan anak bisa membantunya menjadi pribadi yang memberikan pengaruh bagi orang lain sekaligus membuat anak mampu mengatasi tantangan umum yang dia hadapi setiap hari. 

Apakah Superparents benar-benar ingin melihat anak-anak Anda bertumbuh menjadi pemimpin? Lakukan beberapa hal ini.

1. Mulailah sejak dini

Cara pengasuhan Superparents di rumah sangat menentukan seperti apa anak akan bertumbuh. Sampaikan kepada anak bahwa mereka adalah prioritas utama Anda. 

Karena itu selalu luangkan waktu untuk terlibat aktif dalam kehidupan anak; ajak berdiskusi, update dengan segala perkembangan yang diikuti anak dan dorong anak untuk keluar dari zona nyaman mereka.

 

Baca Juga: Lima Cara Membentuk Anak Menjadi Pemimpin Berkarakter Allah

 

2. Beri anak kepercayaan

Menumbuhkan kepemimpinan di dalam diri seorang anak perlu dilakukan dengan memberi mereka kepercayaan. Superparents, cobalah untuk meluangkan waktu mengerjakan sesuatu dengan anak dan dorong mereka untuk melakukannya dengan kemampuan mereka sendiri. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami